detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 12:09 WIB

Dibatalkan KPU Serang, Caleg PKB Terpilih Lapor ke Bawaslu-DKPP

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Dibatalkan KPU Serang, Caleg PKB Terpilih Lapor ke Bawaslu-DKPP Ilustrasi Gedung Bawaslu (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Serang - Abdul Gofur, caleg PKB terpilih, mengambil langkah hukum atas putusan KPU Serang yang membatalkan diri menjadi anggota DPRD Kabupaten Serang. Abdul Gofur melaporkan putusan KPU ke Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Gofur menerangkan, KPU Serang dan KPU pusat mendasarkan putusannya pada Pasal 285 huruf b UU Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019 Pasal 39 ayat 1. Gofur menyebut ada salah tafsir soal pergantian calon terpilih.

"Sementara saya hanya memenuhi keadaan pasal 280 huruf h dan kesalahan kedua jika mendasarkan pada PKPU harusnya (pembatalan) mensyaratkan seseorang yang menjalankan pidana. Saya memenuhi syarat karena tidak menjalankan pidana," kata Gofur saat dihubungi detikcom, Senin (12/8/2019).


Karena itu, Gofur mengajukan langkah hukum atas putusan KPU Serang. Didampingi pengacara dan LBH Ansor, Gofur bakal melapor ke Bawaslu.

"Di UU (jalurnya) harus ke Bawaslu dulu. Nanti kita ke PTUN kemudian karena ini kekeliruan, saya akan melaporkan ke DKPP. Karena saya korban, saya juga akan ke Komnas HAM dan Ombudsman," ujarnya.

Abdul Gofur didiskualifikasi sebagai caleg terpilih untuk DPRD Kabupaten Serang. Pembatalan didasari putusan pengadilan yang menyatakan Gofur terbukti bersalah melakukan kampanye di musala Kampung Ragas, Desa Masigit, Kecamatan Carenang, pada Februari 2019. Gofur diputus hukuman 3 bulan penjara dengan masa percobaan selama 6 bulan.

"Abdul Gofur sudah memiliki keputusan pengadilan inkrah. Walaupun dia tidak menjalani hukuman atau tidak ditahan, tapi keputusannya di situ bersalah kemudian kita konsultasi dengan KPU provinsi dan RI," kata komisioner KPU Serang Zaenal Mutaqin.



Gugatan Pileg Berguguran di MK, KPU: Kami Sudah Sesuai Aturan:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed