Dishub DKI Sosialisasi Ganjil Genap di Bundaran Senayan

Matius Alfons - detikNews
Senin, 12 Agu 2019 08:29 WIB
Foto: Dishub DKI Jakarta sosialisasi ganjil genap di Bundaran Senayan
Jakarta - Uji coba perluasan ganjil-genap di beberapa wilayah di DKI Jakarta dimulai pagi ini. Wilayah Jakarta Selatan menjadi salah satu objek sosialiasasi kebijakan tersebut karena ada perluasan beberapa ruas jalan.

Petugas Dishub DKI Jakarta melakukan sosialisasi kepada pengendara mobil di Bundaran Senayan, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019) pukul 07.45 WIB. Para petugas ini dibagi ke beberapa lampu merah seperti lampu merah Jalan Pattimura dan lampu merah Jalan Sisingamangaraja.

Terlihat salah satu petugas di lampu merah Jalan Pattimura memberikan brosur berisi rute perluasan ganjil-genap. Petugas itu terlihat berbincang beberapa saat dengan pengemudi.

"Pak selamat pagi, sudah tahu belum ini ada perluasan ganjil-genap, ini ada 16 rute baru ganjil-genap," kata petugas Disbub, Azhar kepada pengemudi mobil.

"Ini dimulainya kapan pak? Apa sudah dimulai?," tanya pengemudi itu.

"Ini baru tahap sosialisasi pak," jawab Azhar.

Terlihat masih ada mobil berpelat ganjil yang memasuki wilayah perluasan ganjil-genap. Jalan Sisingamangaraja menjadi salah satu Jalan yang diberlakukan rekayasa ganjil-genap.
Dishub DKI Sosialisasi Ganjil Genap di Bundaran SenayanFoto: Kasie Gakkum Dishub DKI Jakarta, August Fabian (Alfons/detikcom)

Sementara itu, Kasie Gakkum Dishub DKI Jakarta, August Fabian mengatakan sosialisasi ini sudah berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Menurutnya sejauh ini respon pengendara penasaran rute mana saja yang terkena perluasan ganjil-genap.

"Sejauh ini kendalanya ga ada, banyak yang belum tau dan pengen tau, belum tahunya, oh ini perluasan di ruas jalan mana aja sih penambahannya, pengen tahu di situ banyak terutama roda empat ya," ucap August.

Selain itu, August mengungkap sebagian masyarakat masih bertanya soal rute alternatif. Ia memastikan tidak ada rute alternatif menghindari ganjil-genap ini.

"Ya ada pertanyaan lah rute alternatif tapi kita jawab rute alternatif tidak ada, karena di semua simpang yang masuk ruas jalan tersebut sudah kita sosialisasikan perluasan ganjil-genap, karena harapan pemerintah mengurangi kendaraan pribadi," ucap August.

Sebelumnya Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menggelar uji coba perluasan sistem ganjil-genap hari ini.
Uji coba akan dilakukan pada 16 ruas jalan tambahan.

Durasi ganjil-genap pun diperpanjang. Kini, Ganjil Genap berlaku pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Durasi di malam hari ditambah.
Dishub DKI Sosialisasi Ganjil Genap di Bundaran SenayanFoto: Dishub DKI Jakarta sosialisasi ganjil genap di Bundaran Senayan

Berikut 16 rute baru ganjil-genap:

1. Jl Pintu Besar Selatan
2. Jl Gajah Mada
3. Jl Hayam Wuruk
4. Jl Majapahit
5. Jl Sisingamangaraja
6. Jl Panglima Polim
7. Jl Fatmawati (mulai simpang Jl Ketimun 1 sampai dengan simpang Jl TB Simatupang)
8. Jl Suryopranoto
9. Jl Balikpapan
10. Jl Kyai Caringin
11. Jl Tomang Raya
12. Jl Pramuka
13. Jl Salemba Raya
14. Jl Kramat Raya
15. Jl Senen Raya
16. Jl Gn Sahari



Menhub Minta Ganjil-Genap Adil Buat Taksi Online:

[Gambas:Video 20detik]

(maa/fdu)