detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 00:16 WIB

Rayakan Idul Adha, KBRI Kairo Gelar Silahturahmi Akbar dengan WNI

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rayakan Idul Adha, KBRI Kairo Gelar Silahturahmi Akbar dengan WNI Rayakan Idul Adha, KBRI Kairo Gelar Silahturahmi Akbar dengan WNI (Foto: Dok.KBRI Kairo)
Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kairo bersama Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) melaksanakan silahturahmi akbar dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1440. Lebih dari 3000 mahasiswa dan masyarakat Indonesia menghadiri acara tersebut.

Duta Besar RI untuk Kairo Helmy Fauzy mengatakan acara silahturahmi akbar itu sebagai ajang mempererat persaudaraan warga negara Indonesia yang berada di Kairo. Selain itu, silahturahmi akbar juga menjadi sarana melepas rindu akan suasana di Indonesia.

"Silaturahmi akbar ini tentu saja dapat menjadi ajang, disela-sela perjuangan menuntut ilmu dan bekerja, untuk kita melepas rindu akan suasana tanah air dan saling menjaga ukhuwah, menjaga persaudaraan sesama anak bangsa Indonesia," ucap Dubes Helmy Fauzy dalam keterangannya, Minggu (11/8/2019).



Acara berlangsung di Masjid Assalam yang terletak di Nasr City, Kairo, pada Minggu (11/8). Acara diawali dengan salat Idul Adha di Masjid Indonesia Kairo pada pukul 06.30 pagi waktu setempat.

Helmy Fauzy beserta keluarga, seluruh jajaran staf, perwakilan mahasiswa dan masyarakat Indonesia turut melaksanakan shalat Idul Adha di masjid yang berada di kompleks Sekolah Indonesia Kairo. Dalam salat Idul Adha itu yang bertindak sebagai khotib yakni Dr. Ahmad Ikhwan.



Rayakan Idul Adha, KBRI Kairo Gelar Silahturahmi Akbar dengan WNIDuta Besar RI untuk Kairo Helmy Fauzy mengatakan acara silahturahmi akbar itu sebagai ajang mempererat persaudaraan warga negara Indonesia yang berada di Kairo. (Foto: Dok.KBRI Kairo)


Helmy dan para jemaah lalu menyaksikan penyembelihan hewan qurban di halaman Sekolah Indonesia Kairo. Terdapat 6 sapi dan 6 ekor domba hasil sumbangan Dubes RI dan seluruh jajaran staf dan penyumbang lainnya.

Penerimaan, penyembelihan dan distribusi qurban dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk KBRI Kairo. Seluruh perwakilan kekeluargaan mahasiswa, masyarakat Mesir sekitar dan para dhuafa turut menikmati pembagian qurban tersebut. Acara tersebut mendapatkan sambutan yang antusias dari masyarakat Indonesia.
(ibh/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com