detikNews
Minggu 11 Agustus 2019, 21:23 WIB

Daging Sapi Bantuan Presiden di Medan Dibagikan Pakai Besek

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Daging Sapi Bantuan Presiden di Medan Dibagikan Pakai Besek Foto: Pembagian daging kurban di Sumut pakai besek diapresiasi Gubernur Edy Rahmayadi (Dok. Istimewa)
Medan - Pembagian daging kurban di Masjid Agung, Medan mulai tahun ini menggunakan wadah anyaman bambu, atau besek. Termasuk di antaranya daging dari sapi kurban seberat 1,4 ton bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penggunaan besek itu diapresiasi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Saat meninjau pemotongan dan pembagian daging tersebut, Edy menyatakan langkah ini menjadi awal yang bagus dan berharap tahun depan sudah tidak ada lagi yang menggunakan kantong plastik.

"Plastik kan sulit terurai, inilah yang menyebabkan penumpukan sampah, saluran tersumbat, dan lain sebagainya. Ekosistem rusak juga memicu banjir," kata Edy di Masjid Agung, Jalan Diponegoro, Medan, Minggu (11/8/2019).


Daging Sapi Bantuan Presiden di Medan Dibagikan Pakai BesekFoto: Pembagian daging kurban di Sumut pakai besek diapresiasi Gubernur Edy Rahmayadi (Dok. Istimewa)

Di masjid ini, Edy Rahmayadi secara simbolis menyerahkan seekor sapi jenis limosin dengan berat 1,3 ton secara pribadi, kemudian satu ekor sapi seberat 1,4 ton dari Presiden Joko Widodo, dan 15 ekor lainnya dari Pemprov Sumut dengan berat rata-rata 250 kilogram.

Berikutnya, Gubernur Edy juga meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Al-Mashun, Jalan Sisingamangaraja. Di sana, juga dilakukan penyerahan 1 ekor sapi dengan berat 759 kg secara simbolis kepada panitia kurban.

Tahun ini Pemprov Sumut berkurban sebanyak 130 ekor sapi. Pembelian sapi ini menggunakan dana pribadi Gubernur, Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah. (OPD). Hewan kurban ini disalurkan ke seluruh 33 kabupaten dan kota se-Sumut melalui panitia kurban di masjid-masjid.
(rul/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com