detikNews
Minggu 11 Agustus 2019, 20:48 WIB

Idul Adha, ACT Sebar Hewan Kurban ke Penjuru RI dan Dunia

Raras Prawitaningrum - detikNews
Idul Adha, ACT Sebar Hewan Kurban ke Penjuru RI dan Dunia Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma
Jakarta - Lembaga kemanusiaan Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan hewan kurban ke jutaan penerima manfaat dan akan masih menerima amanah kurban para dermawan.

Kegiatan penyebaran hewan kurban ini berlangsung mulai Minggu (11/8/2019) hingga beberapa hari ke depan. Direktur Komunikasi ACT, Lukman Azis, menjelaskan jika harga kebutuhan hidup selama ini selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu, produk kurban justru oleh ACT dibuat sebaliknya, menurun terus setiap tahunnya.

"Kami ingin setiap tahunnya ada peningkatan signifikan jumlah penerima manfaat. Di tahun ini, capaian kami di berbagai daerah hingga puluhan negara Alhamdulillah meningkat. Kami sangat bahagia dengan semakin banyaknya penerima manfaat yang merasakan kebahagiaan hari raya kurban," ujar Azis dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/8/2019).


Azis mengatakan hal ini bisa terjadi karena pengelolaan Global Qurban-ACT dilakukan secara profesional dengan terdapat filantropi Islam berbentuk wakaf sebagai penggerak utamanya.

"Salah satu program masterpiece-nya adalah Lumbung Ternak Wakaf (LTW) sebagai sumber utama hewan kurban di Global Qurban-ACT. LTW melibatkan para peternak dan petani daerah untuk mengelola stok hewan kurban dengan pola pemberdayaan yang menyejahterakan. Inilah rahasia kenapa Global Qurban-ACT setiap tahun harganya terus turun. Sehingga semakin memudahkan para pekurban untuk menunaikan ibadah serta meluaskan manfaat kurban di penjuru negeri dan dunia," jelasnya.


Global Qurban-ACT terus meyakinkan muslim sedunia lewat luasnya distribusi kurban demi sebanyak-banyaknya manfaat dan kebahagiaan di berbagai belahan dunia.

Secara bertahap, transaksi yang ditawarkan Global Qurban-ACT juga semakin bervariasi. Mulai dari Qurban Progresif, Qurban Intensif, Tabungan Qurban, Sedekah Kurban, hingga Wakaf Ternak untuk Qurban.

Program ini juga menggulirkan dua program baru, yakni Syukuran Qurban dan Dapur Qurban. Syukuran Kurban adalah program pendistribusian di berbagai daerah Indonesia yang membutuhkan. Misalnya di lokasi bencana, daerah perbatasan, hingga daerah-daerah lainnya yang membutuhkan. Program ini tidak hanya terdiri dari pemotongan hewan kurban, tapi juga makan bersama dengan penerima manfaat.

Sementara itu, Dapur Qurban diwujudkan dengan santap bersama menu daging kurban. Program ini membantu masyarakat agar menikmati kebersamaan Idul Adha dan akan menyasar wilayah prasejahtera di Jakarta.

"Untuk menjangkau kebutuhan pangan di berbagai belahan dunia, Global Qurban-ACT juga masih membuka kesempatan menyalurkan dana kurban hingga hari tasyrik ketiga. Program spesial ini dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan para calon pekurban yang ingin menyalurkan dana kurbannya di beberapa belahan dunia yang masih berlangsung. Kami harap kesempatan emas ini bisa dimaksimalkan oleh calon pekurban, " ungkap Azis.

Dukungan juga turut hadir dari diaspora luar negeri seperti Ikatan Perawat Muslim Indonesia (IPMI) Jepang, PPI Dunia, Iba Tausyiah Jerman, TDV Turki, Ukhuwah Pengajian Oslo Akershus, Hayrat Vakfi, MIIT Toronto Canada, Launchgood, dan masih banyak lagi.
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed