Kesaksian Warga yang Lihat Sapi Terobos Barisan Salat Id di Depok

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 11 Agu 2019 17:39 WIB
Foto: Lokasi tempat sapi kurban terobos barisan jemaah salat Idul Adha di Depok (Tim detikcom)
Depok - Seekor sapi jenis PO usia 2,5 tahun sempat menerobos barisan jemaah salat Idul Adha di Masjid Jami Mazroatul Akhiroh, Depok, Jawa Barat. Sebagian warga ada yang melanjutkan salah, namun aja juga yang berhenti karena kejadian itu.

Seorang ibu yang menjadi jemaah salat Idul Adha menceritakan kejadian itu. Ia mengaku ketakutan hingga berhenti salat.

"Wuh saya jadi nggak salat, takut, orang sapi segitu gedenya, kena kaki satu juga nggak tahu deh itu. Aku ngebayangin nenek yang duduk aja, aduh itu nanti kebanting, untung minggir semua," kata dia saat ditemui di lokasi, Cipayung, Depok, Minggu (11/8/2019).




Ibu yang enggan disebutkan namanya itu juga bercerita kalau sapi yang lepas itu sempat menabrak motor-motor yang terparkir di sekitar masjid. Dia bersyukur tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut.

"Sapinya lepas, awalnya lari ke arah jemaah. Tadi sempet nyeruduk motor, motor-motornya pada rapih diparkir, tapi pinter ini sapinya, dia minggir-minggir gitu. Untung saat kejadian lagi pada nggak sujud, orang-orang tua ini kan kakinya pada susah bangun. Untung, alhamdulillah ya Allah masih berdiri," ucapnya.

Selain itu, seorang pemuda masjid yang sempat melihat sapi itu juga mengaku kaget. Saat kejadian salat masih rakaat pertama.

"Itu rakaat pertama, saat baca Al Fatihah, ini konblok bunyi nih, saya langsung nengok, pas di situ (tanah) nggak kedengeran, pas di konblok ini kedengeran tapak kakinya," ungkapnya.




Meski sempat ketakutan, tapi ia mengaku tetap melanjutkan salat ketika sapi sudah menjauh. Saat itu, menurutnya hanya jemaah yang di luar yang terlihat panik.

"Saya sih lanjut salat, masih rakaat pertama saya lanjut sih. Nih sapi lewat saya nengok ke belakang, sapi udah jauh ke sana, saya balik lagi (salat), nggak lama saya takbir lagi terus sujud. Lanjut saya," jelasnya.

"Kalau yang di dalam nggak tahu, yang tahu di luar, yang di luar yang panik. Liat aja ibu-ibu aja itu, saya denger jeritan," imbuhnya.

Selesai salat para warga mengembalikan lagi sapi tersebut ke tempat asalnya. Ia juga bersyukur tak ada korban akibat peristiwa tersebut.




"Nggak ada korban, kalau ada korban pasti rame itu. Selesai salat dibawa lagi sapinya," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan seekor sapi jantan berumur 2,5 tahun lepas saat proses ibadah salat Idul Adha berlangsung di Masjid Jami Mazroatul Akhiroh, Depok, dan videonya menjadi viral di media sosial. Jemaah sempat berhamburan panik saat peristiwa ini terjadi.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami Mazroatul Akhiroh, Hasan Basri, menceritakan peristiwa itu terjadi pagi tadi sekitar pukul 06.40 WIB di halaman masjid. Saat itu, jemaah masjid sedang menunaikan salat Idul Adha.


Simak Video "Lagi Khusyuk Salat Id, Jemaah Masjid Bubar Gegara Sapi Kurban Lepas"

[Gambas:Video 20detik]

(maa/zak)