detikNews
Minggu 11 Agustus 2019, 17:31 WIB

Anies Posting Momen Sembelih Kurban, Rencananya Cuma 1 Jadinya 5 Hewan

Tim detikcom - detikNews
Anies Posting Momen Sembelih Kurban, Rencananya Cuma 1 Jadinya 5 Hewan Anies menyembelih sapi. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih sendiri sapi kurbannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Momen itu diunggah Anies ke Instagram-nya.

Ada 7 foto yang diunggah Anies ke akun Instagram @aniesbaswedan seperti dilihat pada Minggu (11/8/2019). Dalam salah satu foto, Anies dengan baju terciprat darah terlihat memegang pisau yang dipakai untuk menyembelih sapi.

"Alhamdulillah, hari ini masih diberikan kesempatan untuk kembali memotong hewan kurban sendiri," kata Anies.⁣


Dalam foto tersebut, Anies tampak berjongkok ditemani beberapa orang. Anies punya alasan mengapa menyembelih hewan kurban sendiri.

"Saat SMA dan kuliah, saya sering aktif sebagai panitia penyelenggara Kurban. Biasanya dibagikan untuk warga miskin di desa-desa sekitar Yogya. Pengalaman pertama memotong sendiri hewan Qurban ketika SMA kelas 2 yang dibagikan di daerah Gunung Kidul, waktu itu adalah dataran tinggi yang gersang di sisi tenggara Provinsi DIY. Kini saya dengar telah banyak penghijauan," tulis Anies. ⁣

"Sesudah itu selalu diikhtiarkan, kalau secara waktu memungkinkan maka akan potong sendiri. Alhamdulillah, tahun ini waktunya memungkinkan," imbuh dia.


Anies menceritakan, dia tidak hanya menyembelih hewan kurbannya. Dia mengaku mendapat tugas menyembelih sekitar 5 hewan kurban.⁣

"Hari ini rencananya hanya memotong hewan kurban sendiri, ternyata masih ada beberapa hewan yang belum disembelih jadi sekalian dipotongkan. Jadinya, saya dapat tugas menyembelih 3 kambing dan 2 sapi. Hari Ini pengalaman pertama memotong sapi, biasanya memotong kambing," sebut Anies.

Anies mengaku kerap menyaksikan ayahnya memotong kambing kurban sendiri. Dia berharap anak-anaknya kelak bisa memotong kurban sendiri sama seperti yang dia lakukan. ⁣

"Dulu saya menyaksikan ayah memotong sendiri kambing kurbannya. Dan hari ini anak-anak saya ajak ikut lihat ayahnya memotong kurban sendiri juga. Mudah-mudahan nantinya, insyaAllah anak-anak meneruskan tradisi, bisa memotong sendiri hewan korbannya," tutur Anies.


View this post on Instagram

Alhamdulillah, hari ini masih diberikan kesempatan untuk kembali memotong hewan kurban sendiri.⁣ ⁣ Saat SMA dan kuliah, saya sering aktif sebagai panitia penyelenggara Kurban. Biasanya dibagikan untuk warga miskin di desa-desa sekitar Yogya. Pengalaman pertama memotong sendiri hewan Qurban ketika SMA kelas 2 yang dibagikan di daerah Gunung Kidul, waktu itu adalah dataran tinggi yang gersang di sisi tenggara Provinsi DIY. Kini saya dengar telah banyak penghijauan. ⁣ ⁣ Sesudah itu selalu diikhtiarkan, kalau secara waktu memungkinkan maka akan potong sendiri. Alhamdulillah, tahun ini waktunya memungkinkan.⁣ ⁣ Hari ini rencananya hanya memotong hewan kurban sendiri, ternyata masih ada beberapa hewan yang belum disembelih jadi sekalian dipotongkan. Jadinya, saya dapat tugas menyembelih 3 kambing dan 2 sapi. Hari Ini pengalaman pertama memotong sapi, biasanya memotong kambing. ⁣ ⁣ Dulu saya menyaksikan ayah memotong sendiri kambing kurbannya. Dan hari ini anak-anak saya ajak ikut lihat ayahnya memotong kurban sendiri juga. Mudah-mudahan nantinya, insyaAllah anak-anak meneruskan tradisi, bisa memotong sendiri hewan korbannya. #ABW

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Aug 11, 2019 at 1:52am PDT

Simak Video "Anies Sembelih Sapi Kurban Sendiri"

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com