Pemprov Riau Imbau Salat Idul Adha di Masjid Jika Asap Pekat

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Sabtu, 10 Agu 2019 23:01 WIB
Foto: Antara Foto
Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengimbau agar salat Idul Adha dilaksanakan dalam masjid. Ini dilakukan bila terjadi asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Sesuai arahan Gubernur Riau kepada saya, jika kabut terlalu tebal di imbau untuk salat di dalam ruangan masjid saja (tidak di lapangan terbuka-Red)," kata Kakanwil Depag Riau, Mahyudin kepada wartawan, Sabtu (10/8/2019).

Selain itu, sambung Mahyudin, pada pelaksaan salat Idul Adha seluruh jemaah diminta berdoa supaya Riau turun hujan.

"Agar Kakamenag dan MUI di kabupaten dan kota, KUA bersama MUI kecamatan dan pengurus masjid segera melaksanakan salat istisqa (salat minta hujan) di wilayah masing-masing," kata Mahyudin.

Sebagaimana diketahui, kondisi udara di Pekanbaru dan sejumlah kabupaten dan kota di Riau terselimuti asap imbas Karhutla. Kebakaran yang terjadi sudah hampir sebulan.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah membagikan belasan ribu masker ke masyarakat dalam sepekan ini. Warga sudah diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Namun demikian, sampai saat ini belum ada kebijakan pemerintah daerah untuk meliburkan sekolah. Aktivitas sekolah dari berbagai tingkatan masih berjalan seperti biasa walau sudah banyak yang mengeluhkan asap.
(cha/fdu)