detikNews
Sabtu 10 Agustus 2019, 15:38 WIB

Anies Setahun Tanpa Wagub, Djarot: Doakan Saja Tak Lama Jomblo

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Anies Setahun Tanpa Wagub, Djarot: Doakan Saja Tak Lama Jomblo Foto: Rolan/detikcom
Denpasar - Hari ini tepat satu tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bekerja tanpa didampingi wakil gubernur. Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendoakan agar Anies segera mendapatkan wagub dan tidak terlalu lama 'menjomblo'.

"Ya doakan saja supaya cepat dapat wakil. Secara kan saya sampaikan saya doakan supaya tidak lama-lama menjomblo, supaya ada wakil," kata Djarot di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Sabtu (10/9/2019).

Djarot berharap DPRD DKI segera memproses soal wagub agar Anies tak lama-lama memimpin sendirian. Menurutnya, bekerja sendiri memimpin DKI adalah tugas yang berat. Djarot juga menceritakannya beratnya saat dia menjadi pemimpin tunggal DKI Jakarta.



"Karena DKI kan berat tugasnya. Sangat terasa (kesulitannya). Kalau boleh cek di teman-teman di Pemprov ya, saya itu bekerja itu sampai dengan pukul 02.00 WIB pagi. Tidur, subuh bangun pukul 05.00 WIB, pukul 05.30 WIB kerja lagi, lalu berangkat sampai pukul 19.30 WIB, pukul 19.30 kantor," jelas Djarot.

Djarot mengatakan DKI adalah daerah otonomi khusus sehingga pengambilan keputusan ada di tingkat gubernur. Ia juga kembali menekankan beratnya memimpin sendirian di DKI Jakarta.

"Artinya memang saya merasakan sendiri itu berat. Tapi kalau dengan hati yang bersih, dengan senang, nggak terasa. Supaya apa? Jakarta itu membutuhkan keputusan-keputusan yang cepat, tepat, sehingga para SKPD, wali kota, dan sebagainya itu bisa punya pegangan," ucap Djarot.


"Dia harus kerja apa, kan dia sudah kasih banyak staf, rekomendasinya seperti apa. Nah, ini perlu keputusan yang cepat," lanjut dia.

Sebelumnya, Anies kembali mengungkapkan harapannya agar wagub DKI Jakarta segera dipilih oleh DPRD. Dia mengatakan pada Agustus ini dirinya tepat satu tahun 'ditinggal' Sandiaga Uno yang maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

"Dari partai pengusung udah mengantarkan dua nama, gubernur udah meneruskan kepada DPRD dan di sana udah beberapa bulan. Harapannya ini bulan terakhir Dewan bertugas, saya berharap salah satu agenda yang dituntaskan soal wagub," ujar Anies di Balai Kota, Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (9/8).



Tonton video Kata Anies Soal Kritik Anggota Dewan Saat Ia ke Luar Negeri:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com