detikNews
Sabtu 10 Agustus 2019, 13:20 WIB

Hasto Merasa Terhormat Jadi Sekjen PDIP 2 Periode

Aditya Mardiastuti - detikNews
Hasto Merasa Terhormat Jadi Sekjen PDIP 2 Periode Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Aditya Mardiastuti/detikcom)
FOKUS BERITA: Kongres V PDIP
Denpasar - Hasto Kristiyanto merasa terhormat kembali dipilih oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menjadi Sekjen PDIP. Apalagi selama ini jabatan Sekjen PDIP hanya berlangsung selama satu periode.

"Saya sendiri merasa terhormat ditugaskan kembali sebagai sekjen dengan tugas yang tidak ringan, justru dengan tugas kedua ini semakin berat," kata Hasto seusai Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Sabtu (10/8/2019).


Foto: Dita/detikcom

Hasto menyebut saat ini tantangannya menjabat sekjen akan makin berat. Karena itu, dia juga sudah minta izin tidak ikut dalam proses eksekutif.

"Terlebih dengan tantangan ideologis dan besarnya harapan rakyat untuk PDIP, karena itu saya pribadi mengingat sekjen sebagai pembantu ketum menjalankan perintah-perintah ketum, dan perintah-perintah yang diberikan kongres partai melakukan sebuah konsentrasi yang besar, sebuah fokus sehingga energinya tidak terbagi," ujarnya.

"Saya pribadi menyatakan mohon izin tidak ikut di dalam proses eksekutif tersebut dan akan berkonsentrasi di partai," sambung Hasto.



Saat mengumumkan jabatan Sekjen PDIP, Megawati Soekarnoputri sempat melempar candaan. Megawati mengaku sempat berpikir Hasto akan bosan terhadapnya.

"Nah, ini yang ditunggu-tunggu, Sekretaris Jenderal. Jadi kan saya kan mikir, Hasto bosan juga sama saya," kata Megawati.

Megawati lalu menyinggung komentar soal jabatan sekjen hanya bisa dijabat selama satu periode. Menurutnya, hal itu tidak ada di Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

"Katanya sekjen hanya bisa sekali. Lihat dulu dong di Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. Emangnya begitu bunyinya? Nggak. Ada juga yang bilang harusnya begini. Saya kan nampung saja, orang boleh mengusulkan," ujar Megawati.

"Jadi Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto," lanjutnya, yang disambut tepuk tangan para kader.



Video PDIP: Masa Partai Tak Lolos Bisik-bisik Minta Menteri:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/knv)
FOKUS BERITA: Kongres V PDIP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed