Cerita Habib Rizieq Tunggu Jenazah Mbah Moen di Liang Lahad yang Salah

Cerita Habib Rizieq Tunggu Jenazah Mbah Moen di Liang Lahad yang Salah

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sabtu, 10 Agu 2019 11:38 WIB
Habib Rizieq saat Hadiri Pemakaman Mbah Moen (Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom)
Habib Rizieq saat Hadiri Pemakaman Mbah Moen (Foto: Ardhi Suryadhi/detikcom)
Jakarta - Habib Rizieq Syihab bercerita saat momen dirinya menunggu jenazah KH Maimun Zubair atau Mbah Moen di tempat yang salah. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu menunggu di pintu gerbang utama Al Ma'la namun jenazah datang dari pintu yang lain.

"Kita nunggu di situ tempat yang biasa itu, nunggu di situ salat jenazah di situ baru dibawa ke kubur. Jadi awalnya kita udah datang dari awal, kita sudah datang, kita salat zuhur di Masjid Syajarah tahu-tahu dengar kabar jenazah dibawa dari pintu jafariah, nah itu yang membuat crowded, jenazah dari sini jemaah datang dari sini," kata Habib Rizieq saat bersilaturahmi dengan keluarga Mbah Moen seperti dalam video yang diunggah di akun YouTube Front TV, Sabtu (10/8/2019).



Habib Rizieq kemudian datang ke liang lahad yang dikira menjadi tempat makam Mbah Moen. Namun Habib Rizieq berdiri di tempat yang salah sampai akhirnya diingatkan untuk berpindah ke liang lahad yang benar.

"Makanya ana langsung lihat liang lahad, nah pertama kali liang lahad yang kita datangi salah lubang, untung ada Sayyid Abdillah, Sayyid Abdillah bilang bukan ini, lobangnya sebelah sana, akhirnya kita ke lobang satu lagi, alhamdulillah semua jadi tepat waktu, jazakalllahu khior, Sayyid Abdillah," ujar dia.

Selain itu, Habib Rizieq juga mengatakan sudah menjadi kewajiban setiap umat Islam di Mekah untuk peduli ketika mendengar Mbah Moen meninggal dunia. Sebab, menurut Habib Rizieq, Mbah Moen merupakan ulama besar.

"Kita terima kasih atas kunjungan antum dan sebetulnya apa yang sudah dilakukan umat memang nggak perlu terima kasih lagi. Itu kewajiban kita semua wajib kita yang ada di Mekah ini, begitu mendengar meninggalnya Mbah Maimun, kita peduli, kita datangi, kita salati, kita doakan, jadi nggak boleh kita nggak peduli karena beliau adalah ulama besar," tuturnya.

Cerita mengenai Habib Rizieq berada di lubang makam yang salah juga diungkapkan oleh Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Suasana pemakaman saat itu juga tampak penuh sesak.

"Saya lihat MRS (Muhammad Rizieq Shihab) memang hadir sejak awal dan berkerumun di lubang yang salah. Saya tahu nomer lubang karena yang mengurus di Provinsi Mekah adalah tokoh NU Saudi yaitu, KH Dr Fahmi, Dr Fahmi lah yang menemui pejabat provinsi Mekah dan dipastikan Mbah Moen dimakamkan di posisi yang sangat strategis di kompleks Ma'la," Agus Maftuh kepada wartawan, Rabu (7/8).

Diketahui, Mbah Moen wafat di Mekah saat menjalankan ibadah haji pada Selasa (6/8) pukul 04.17 waktu Arab Saudi. Jenazah Mbah Moen sempat disalatkan di Masjidil Haram. Jenazah Mbah Moen lalu dimakamkan di kompleks pemakaman tertua di Mekah, Al Ma'la.



Tonton juga video Heboh Habib Rizieq Dituding Serobot Doa di Pemakaman Mbah Moen:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/hri)