detikNews
Sabtu 10 Agustus 2019, 00:52 WIB

Tak Ada Gugatan Pileg dari Papua yang Dikabulkan MK, KPU: Jarang Terjadi

Dwi Andayani - detikNews
Tak Ada Gugatan Pileg dari Papua yang Dikabulkan MK, KPU: Jarang Terjadi Komisioner KPU Ilham Saputra (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) tak mengabulkan satu pun gugatan sengketa hasil Pileg 2019 yang berasal dari Provinsi Papua. KPU menyebut hal ini jarang terjadi dalam proses gugatan pemilu.

"Kami mengucapkan puji syukur, karena alhamdulillah tidak ada permohonan yang kemudian diterima oleh Mahkamah Konstitusi dan saya kira jarang sekali hal ini terjadi di Papua," ujar Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).



Menurut Ilham, biasanya MK kerap mengabulkan gugatan hasil pemilu yang berasal dari wilayah di Papua. Ilham menyebut biasanya selalu ada pemungutan suara ulang atau penghitungan suara ulang di Papua.

"Jadi saya kira kita apresiasi putusan MK terkait dengan seutuhnya, terutama di Papua. Karena selama ini setiap kita menyelenggarakan Pemilu atau Pilkada, selalu ada entah namanya pemungutan suara ulang atau kemudian penghitungan suara ulang," kata Ilham.



"Tetapi saat ini alhamdulillah tidak ada permohonan, yang dimohonkan parpol atau perorangan kepada mahkamah yang diterima oleh MK," sambungnya.

Ilham menyebut, saat ini putusan penghitungan suara ulang hanya terjadi di Provinsi Papua Barat. Menurutnya, hal ini berbeda dengan Provinsi Papua.

"Itu Papua Barat, bedakan Provinsi Papua dan Papua Barat," ujar Ilham.

Diketahui, untuk terdapat 23 gugatan di Papua yang masuk dan ditangani MK hingga pembacaan putusan. Namun, dari jumlah tersebut tidak ada gugatan yang dikabulkan.
(dwia/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed