detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 19:50 WIB

Langgar Tatib Kongres, 3 Pengurus DPC PDIP Dicopot dari Jabatan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Langgar Tatib Kongres, 3 Pengurus DPC PDIP Dicopot dari Jabatan Foto: Lutfhy Syahban/Tim Infografis detikcom
FOKUS BERITA: Kongres V PDIP
Denpasar - Sebanyak 60 peserta Kongres V PDIP kedapatan tidak mematuhi tata tertib Kongres. Mereka langsung mendapatkan sanksi.

"Betul tadi ada sekitar 60 orang yang tidak disipilin mengikuti jadwal acara Kongres, baik itu sidang komisi maupun juga sidang paripurna. Ketahuan tanda yang dipakai dengan wajah orangnya beda. Maka langsung dicabut oleh pecalang," kata Ketua Panitia Pelaksana Kongres V PDIP Wayan Koster di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Jumat (9/8/2019).

Di antara 60 orang tersebut, ada tiga orang yang mendapatkan sanksi dibebastugaskan atau dicopot dari jabatannya di DPC karena kedapatan menggunakan tanda pengenal orang lain. Diketahui, ketiga orang tersebut menduduki jabatan Ketua dan Bendahara DPC dari wilayah Kalimantan dan Jambi.

"Nah, di antara 60 itu, tiga di antaranya termasuk kategori berat, karena menggunakan nama orang lain. Jadi langsung dibebastugaskan. Bukan dipecat, (tapi) dibebastugaskan," jelas Koster.

"Ada (DPC di) Kalimantan, ada Jambi, ada mana saya lupa tadi. Ada tiga yang dibebastugaskan. Tetap tidak dipecat, tapi dibebaskan dari tugas," lanjut dia.




Koster menegaskan alasan diberikannya sanksi tegas tersebut adalah agar para kader disiplin dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian. Koster juga menyinggung arahan dari Megawati yang meminta agar para kader tertib mengikuti Kongres.

"Supaya menjadi kader yang disiplin dan tertib dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian. Ini kan Kongres. Datang ke Bali mengikuti arahan Ibu Ketua Umum, datang ke acara Kongres, bukan acara santai-santai. Jadi harus tertib, dan itu sudah disampaikan pada saat acara Malam Budaya tanggal 7 (Agustus) yang lalu," pungkasnya.




Tonton Video Kena OTT KPK, Nyoman Dhamantra Akan Dipecat PDIP:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/fdn)
FOKUS BERITA: Kongres V PDIP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com