detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 18:48 WIB

Anies Sebut Pengendalian Tumpahan Minyak Berjalan Cepat

Indra Komara - detikNews
Anies Sebut Pengendalian Tumpahan Minyak Berjalan Cepat Gubernur Jakarta Anies Baswedan (ANTARA FOTO)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penanganan tumpahan minyak di Kepulauan Seribu berlangsung cepat. Dia mengatakan semenjak Pemprov DKI membentuk tim bersama dengan Pertamina penanganan tepi pantai tak lagi ditangani petugas pantai.

"Sejauh ini laporan tentang pengendalian limpahan minyak dari oil spill berjalan dengan baik. Tim dari Pertamina bergerak cepat, sesudah pertemuan Jumat lalu, sorenya bergerak. Dan dengan begitu, penanganan di tepi pantai nggak lagi dikelola petugas pantai yang nggak punya pengalaman mengelola oil spill seperti ini dan berjalan baik. Saya tahu persis tim dari mereka bekerja cukup cepat," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (9/8/2019).



Anies mengatakan dalam penanganan tersebut yang perlu diperhatikan juga keberlangsungan nelayan. Dia mendapat laporan nelayan banyak yang tak melaut, bahkan ikan-ikan nelayan banyak yang mati.

"Yang nggak kalah penting nelayan, nanti saya cek data terbarunya, mereka dengan Pak Bupati ketemu nelayan bicarain konsekuensi ekonomis yang dialami oleh nelayan karena ikan-ikan mati di keramba, kawasan tempat bisa melaut terganggu, nanti finalnya saya kabarin," jelas Anies.



Pemprov DKI belum membahas apakah akan menempuh langkah hukum terkait tumpahan minyak.

"Kita akan lihat," ujarnya.



Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta membentuk tim bersama dengan Pertamina untuk menangani tumpahan minyak di Kepulauan Seribu. Fokus dari tim, menurut Anies, adalah nelayan yang terdampak tumpahan minyak tersebut. Dia meminta ada pertanggungjawaban kepada nelayan.

"Pesannya adalah akan semua yang menjadi konsekuensi negatif akan ada pertanggungjawaban," jelas Anies, Jumat (2/8).



Tonton Video Minyak Tumpah di Karawang, Apa Langkah KLHK?:

[Gambas:Video 20detik]


(idn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com