Laporan dari Putrajaya

Kunjungan Balasan, Jokowi Temui PM Mahathir di Malaysia

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 09 Agu 2019 10:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan PM Malaysia Mahathir Mohamad (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Putrajaya - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan yang dilakukan Mahathir tahun lalu.

Jokowi tiba di gedung Jabatan Perdana Menteri, Putrajaya, Malaysia, Jumat (9/8/2019) pukul 10.20 waktu setempat. Setibanya di lokasi, Jokowi disambut Mahathir dan saling cipika-cipiki.

Lagu kebangsaan Malaysia dan Indonesia kemudian dimainkan. Setelahnya, Jokowi dan Mahathir memeriksa pasukan.



Jokowi dan Mahathir juga melakukan sesi foto bersama dan berbincang dengan latar belakang Putra Mosque. Acara bilateral dilanjutkan setelahnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan PM Malaysia Mahathir Mohamad / Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan PM Malaysia Mahathir Mohamad / Foto: Andhika Prasetia/detikcom


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pertemuan akan membahas masalah WNI di Malaysia hingga kelapa sawit. Kedua pemimpin juga akan salat Jumat bersama.



"Pertama, melakukan pertemuan dengan Tun Mahathir dan diikuti jamuan santap siang, dan yang terakhir kedua pemimpin akan melakukan salat Jumat bersama," ujar Retno.

"Kedua pemimpin pasti, menurut kami, akan membahas mengenai kelapa sawit karena antara Malaysia dan Indonesia adalah produsen kelapa sawit yang cukup besar dan kalau dicombine terbesar di dunia," imbuh Retno.


(dkp/imk)