detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 07:22 WIB

M Taufik ke Anies soal Belum Ada Wagub DKI: DPRD Lagi Fokus Bahas APBD-P

Arief Ikhsanudin - detikNews
M Taufik ke Anies soal Belum Ada Wagub DKI: DPRD Lagi Fokus Bahas APBD-P Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Wakul Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik menanggapi curhatan Gubernur DKI Anies Baswedan setahun tidak ada wakil gubernur (Wagub). Taufik menerangkan, DPRD sedang fokus membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

"Lihat waktunya lah (pemilihan wagub selesai kepengurusan DPRD sekarang), kan (akan) ada pembahasan APBD Perubahan," ucap M Taufik, saat dihubungi detikcom, Kamis (8/8/2019).
Taufik tidak bisa memastikan apakah proses pemilihan wagub DKI Jakarta bisa sebelum anggota DPRD DKI Jakarta baru dilantik pada 26 Agustus 2019. Taufik masih menjadikan pembahasan APBD-P sebagai kegiatan yang akan diselesaikan.

"Ya bisa saja (selesai), tapi nanti dicek dulu lah. Kita ada pembahasan APBD Perubahan," kata Taufik.

Bagi Taufik, APBD-P harus segera diselesaikan sebelum anggota dewan berganti. Akan ada masalah jika APBD-P tidak diselesaikan oleh anggota DPRD DKI Jakarta 2014/2019.
"Periode ini harus selesai, Anda bayangkan kalau APBD diselesaikan di periode yang akan datang. Bisa telat APBD 2020. Bagaimana caranya. APBD Perubahan kan yang menetapkan 2019. Kalau perubahan dibahas dewan baru, maka akan agak sulit penelusurannya," ucap Taufik.

Jika akhirnya dibahas oleh kepengurusan dewan baru, Taufik menyebut pemilihan tidak perlu sampai tahun depan. Pembahasan alat kelengkapan dewan, tidak menghabiskan pembahasan panjang.

"Alat kelengkapan dewan kan nggak perlu lama-lama. Kesepakatan dan tatib kan sudah jelas. Sudah jelas, porsi ada," kata Taufik.
Sebelumnya, Anies Baswedan bercerita bahwa sudah setahun dirinya memimpin tanpa didampingi wagub. Anies berharap DPRD DKI Jakarta segera menuntaskan proses pemilihan wagub.

"Setahun ya? Dua hari lagi? Anniversary jomblo ya? Ha-ha-ha.... Kita berharap DPRD segera menyiapkan agar segera bersidang karena ini adalah bulan terakhir DPRD bertugas," kata Anies di Hotel Sultan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Anies menuturkan anggota DPRD DKI Jakarta bertanggung jawab atas kekosongan tersebut. Dia menyebut sejarah akan mencatat kinerja DPRD DKI Jakarta terkait wagub tersebut.

"Harapan saya, mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya. Jadi supaya dicatat dalam sejarah. Kan catatan sejarahnya terjadi kekosongan gubernur, DPRD bertanggung jawab mengisi kekosongan, nah ini tinggal satu bulan. Mudah-mudahan nanti mereka bersidang dan terpilih salah satu," ucapnya.



Tonton video Anies Minta PLN Review Cerobong PLTU di Sekitar Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]


M Taufik ke Anies soal Belum Ada Wagub DKI: DPRD Lagi Fokus Bahas APBD-P

(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com