Megawati: Tidak Ada Ketua Harian PDIP

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 21:21 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Megawati Soekarnoputri kembali dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP periode 2019-2024. Megawati juga menjawab isu soal adanya wacana ketua harian partai tersebut.

Megawati awalnya menjelaskan bahwa dia memiliki hak prerogatif untuk menentukan DPP partai sebagai formatur tunggal. Ia lalu menirukan pertanyaan-pertanyaan yang banyak berkembang soal percepatan Kongres V PDIP.


"Jadi kalau tadinya kan memang begitu. Saya dengar sendiri karena kaget kan pada, 'Ada apa ya kok PDI mau kongres? Apakah ini kongres luar biasa? Apakah Ibu tidak jadi ketum lagi? Apakah Ibu akan menyerahkan kepada ketua harian? Apakah Ibu akan buat wakil ketua umum?" ujar Megawati di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).

Megawati pun tegas menegaskan jika wacana ketua harian tidak ada. Megawati menyatakan tetap ketua umum partai dan memiliki hak prerogatif untuk menyusun struktur DPP partai.


"Ya sekarang kan sudah kelihatan, semua itu tidak ada. Saya tetap Ketua Umum yang diberi hak prerogatif dan nanti membentuk DPP partai," tegasnya.

Sebelumnya, wacana posisi ketua harian DPP PDIP santer beredar di kalangan internal partai peraih suara terbanyak dalam Pemilu 2019 ini.

Dua kandidat yang berpotensi besar adalah kedua putra dan putri Megawati, Muhammad Prananda Prabowo (Nanan) dan Puan Maharani. (dnu/dnu)