detikNews
2019/08/08 19:35:09 WIB

Round-Up

OTT Dhamantra: Berdalih Kondisi Mertua, Berakhir di KPK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
OTT Dhamantra: Berdalih Kondisi Mertua, Berakhir di KPK Gedung KPK (Foto: Rachman Haryanto-detikcom)
Jakarta - KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dan turut mengamankan Anggota DPR Nyoman Dhamantra. Anggota DPR dari Fraksi PDIP ini sempat pamit dari Kongres PDIP di Bali karena hendak menjenguk mertuanya yang sakit namun berujung di KPK.

Rangkaian OTT ini dilakukan sejak Rabu (7/8) pukul 21.30 WIB. Ada 11 orang yang diamankan KPK hingga Kamis (8/8/2019) pagi.

"Betul, tadi malam mulai jam 21.30 WIB ada giat di Jakarta. 11 orang sudah diamankan di gedung KPK," kata Ketua KPK Agus Rahardjo.

Agus menyebut OTT ini terkait dugaan suap rencana impor bawang putih. Dia mengatakan ada transaksi duit yang diduga diberikan kepada anggota DPR, meski pada awalnya Agus tak menyebut nama anggota DPR tersebut.

"Transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia," ucapnya.

Saat OTT terhadap 11 orang tersebut, KPK memang belum mengamankan anggota DPR yang diduga menerima suap. KPK baru mengamankan pengusaha hingga orang kepercayaan anggota DPR.



Selain itu, KPK juga mengamankan bukti transaksi duit Rp 2 miliar. Ada juga duit dalam pecahan dolar yang turut diamankan KPK dalam OTT ini.

"Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan.



Meski telah memberikan data terkait jumlah orang yang kena OTT, KPK masih belum menyebut identitas anggota DPR yang diduga menerima suap. Kabiro Humas KPK Febri Diansyah hanya menyebut duit diduga ditujukan untuk anggota DPR dari komisi bidang perdagangan alias komisi VI.

"Uang diduga rencana diberikan untuk seorang Anggota DPR-RI dari Komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, investasi," kata Febri.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +