Usai Diperiksa KPK, Eks Presdir Lippo Cikarang Tersangka Suap Tak Ditahan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 19:03 WIB
Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto (Ibnu/detikcom)
Jakarta - Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto, tersangka kasus suap perizinan proyek Meikarta, selesai diperiksa KPK. Bartholomeus belum ditahan KPK.

Bartholomeus keluar dari gedung KPK sekitar pukul 18.30 WIB, Kamis (8/8/2019). Bartholomeus, yang memakai jaket biru dongker, terlihat santai saat keluar dari gedung KPK.

Batholomeus mengatakan, sejak Desember 2018, ia sudah tidak menjadi bagian dari di PT Lippo Cikarang. Bartholomeus juga membantah telah memberikan suap senilai Rp 10,5 miliar terkait perizinan proyek Meikarta.



"Mengenai yang temen-temen media beritakan, kok Rp 10,5 miliar? Sebetulnya waktu saya jadi saksi juga itu sudah saya bantah dalam sidang. Sekretaris saya dulu juga si Melda itu udah nggak ada," kata Bartholomeus setelah diperiksa KPK.

Namun Bartholomeus mengaku siap kooperatif menjalani proses hukum di KPK. Ia juga berharap kasus yang menjeratnya tersebut cepat selesai.



"Jadi yang terakhir saya berharap dan berdoa supaya proses ini cepat selesai. Saya kepala keluarga ya, punya 3 anak, anak saya paling kecil 5 SD. Saya berharap selesai," sebutnya.

Dalam pengembangan kasus suap proyek Meikarta ini, KPK menetapkan Bartholomeus Toto dan Sekda Jabar nonaktif Iwa Karniwa sebagai tersangka.

Bartholomeus diduga menyetujui pemberian suap untuk Pemkab Bekasi berkaitan dengan perizinan pembangunan proyek Meikarta. Total pemberian uang disebut KPK sebesar Rp 10,5 miliar. Lokasi penyerahan uang disebut KPK berada di helipad PT Lippo Cikarang.

Sementara itu, Iwa Karniwa diduga menerima Rp 900 juta dari Neneng Rahmi Nurlaili, yang saat itu menjabat Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi. Uang yang diberikan Neneng Rahmi kepada Iwa itu disebut KPK berasal dari PT Lippo Cikarang.

Total ada 11 tersangka dalam kasus ini, termasuk Neneng Hassanah Yasin, yang saat itu menjabat Bupati Bekasi. Sembilan orang di antaranya sudah diadili.



Tonton Video Sekda Jabar dan Eks Presdir Lippo Cikarang Jadi Tersangka Suap Meikarta:

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/rvk)