Ular Sanca 4 Meter yang Nongol dari Lubang WC di Jambi Kabur

Ferdi Almunanda - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 17:47 WIB
Ular sanca nongol dari lubang WC di Jambi. (Foto: Ferdi/detikcom)
Jambi - Ular sanca 4 meter yang nongol di lubang WC warga Jambi kabur. Padahal setelah dikeluarkan dari lubang jamban, ular tersebut diamankan warga. Kok bisa kabur?

Ular itu muncul dari WC di rumah Sumiati. Sumiati mengatakan butuh waktu 4 jam untuk mengeluarkan ular sanca dari lubang WC di toilet rumahnya. Ular tersebut sempat diletakkan di pinggir rumah di dalam karung.

"Sore setelah dapat dikeluarin itu kita letakkan dulu di pinggir depan rumah. Lalu kemudian kita masukkan dalam karung, tetapi pada pagi harinya ular itu hilang kabur dengan menjebol karung yang ada,'' kata Sumiati kepada detikcom di kediamannya di Kelurahan Tanjung Pinang, kecamatan Jambi Timur, Kamis (8/8/2019).



Ular tersebut rencananya akan diserahkan ke BKSDA Jambi. Sumiati mengatakan saat diamankan mulut ular sanca dilakban dan hingga saat ini belum berhasil ditemukan warga.

"Sejauh ini belum ada warga yang merasakan kehilangan hewan ternak karena dimakan ular. Kita saja sempat bingung dari mana ular sebesar itu tiba dan keluar dari dalam lubang toilet. Kejadian itu sempat membuat saya takut jika ingin ke kamar mandi jika membayangkan kemunculan ular itu,'' ujarnya.

Ular sanca nongol dari lubang WC kabur.Ular sanca nongol dari lubang WC kabur. (Foto: Ferdi Almunanda/detikcom)


Sementara itu, anak kandung Sumiati, Ahmad Samsuri mengaku kebingungan lantaran ular yang dimasukkan ke dalam karung bisa kabur. Dia menduga ular sanca itu berhasil merobek baskom yang menutupi karung.

"Ularnya sudah kabur, kita juga bingung kok ular itu bisa kabur, padahal saat kita amankan dari dalam lubang toilet, ular itu kita masukan di dalam karung tebal dan ditutup pakai baskom, tetapi ularnya tadi pagi saya lihat sudah tidak ada lagi, kabur dengan mengoyakkan karung dan merobek baskom yang kita tutupin itu,'' kata Ahmad Samsuri.



Ular sepanjang 4 meter itu ditemukan di dalam lubang WC pada Rabu (7/8) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Warga bahkan bingung bagaimana ular sepanjang dan sebesar itu bisa berada di dalam lubang jamban dengan melingkar di dalamnya. Ahmad menuturkan ular sanca itu dikeluarkan dalam kondisi hidup.

"Ular itu kita keluarkan dengan kondisi hidup, tidak ada terluka. Hanya saja mulutnya sempat kita tutup menggunakan lakban agar tidak membahayakan, namun saat berhasil kita amankan ular itu kabur dan sampai sekarang belum berhasil ditemukan,'' ujar Ahmad.

Warga sekitar juga sudah mencoba mencari keberadaan ular itu. Sekitaran lokasi rumah serta kawasan aliran parit di dekat rumah dan genangan air kolam juga sudah disisir oleh warga namun tidak ditemukan.

"Kita menduga ular itu masih di sekitaran lokasi kampung sini, kita tunggu berapa hari ke depan mana tahu ular itu dapat ditemukan. Yang jelas sampai saat ini warga di sekitaran sini belum ada yang merasa ternaknya kehilangan akibat dimangsa ular,'' jelas Ahmad.




Tonton Video Kesaksian Warga Bandung Korban Dililit Ular Sanca:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/imk)