Pegadaian Rugi Rp 1 M Akibat Terima Emas Palsu dari Komplotan Penipu

Farih Maulana - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 17:40 WIB
Foto: Farih Maulana
Jakarta - Komplotan penipu menjual sejumlah emas palsu di 2 kantor pegadaian di Jakarta Selatan. Akibat penipuan itu, kantor pegadaian mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

"Kerugian mencapai hampir 1 miliar rupiah," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Andi Sinjaya, di Kantornya, Jl Wijaya II, Kebayoran Baru, Jaksel, Kamis (8/8/2019).

Total ada 7 pelaku yang ditangkap polisi. Ketujuh pelaku terdiri dari 3 laki-laki berinisial FR (53), F (25) dan R (21), serta 4 perempuan yakni A (20), SD (43), S (52) dan LY (19).



Modus para pelaku menggunakan identitas palsu, lalu menjual perhiasan palsu ke pegadaian. Para pelaku menyiapkan barang itu dengan cara disepuh, sehingga menyerupai emas asli.

"Jadi dia datang sudah siapkan identitas palsu, barang emas sepuhan juga sudah siapkan. Lanjut mereka mengisi aplikasi dengan identitas palsu. Sudah dilakukan beberapa kali," kata Andi.

Pegawai pegadaian awalnya tidak curiga karena 'emas' para pelaku sangat mirip dengan yang asli. Namun kemudian mereka baru menyadari setelah memeriksa identitas para pelaku yang berbeda-beda.

(mea/mea)