Sandiaga Sesalkan Mati Listrik Massal: Pengalaman Pahit buat Kita

Tsarina Maharani - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 16:20 WIB
Sandiaga Uno (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Sandiaga Uno (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Eks cawapres Sandiaga Uno menyesalkan kejadian mati listrik massal di sebagian Pulau Jawa pada Minggu (4/8). Ia mengatakan mati listrik massal itu utamanya berdampak terhadap pelaku UMKM.

"Hanya restoran-restoran besar yang punya genset sehingga bisa terus beroperasi. Kalau dilihat dampaknya pada UMKM luar biasa," kata Sandiaga setelah menjadi pembicara dalam seminar 'Revolusi Industri 4.0 dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan' di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Menurut Sandi, peristiwa itu merupakan pengalaman pahit dan harus menjadi pelajaran bagi pemerintah. Dia menyinggung soal ketersediaan dan keandalan infrastruktur.


"Ini pengalaman pahit buat kita bahwa infrastruktur bukan hanya ketersediaan, tapi keandalan. Not only availability tapi reliability," ucapnya.

"Saya kin sih sebetulnya sekarang memang fokusnya SDM ke depan, tapi untuk infrastruktur yang telah dibangun jangan sampai ditinggalin dari segi ketersediaan. Kita nggak usah ngomong revolusi industri 4.0, kalau nggak ada listrik, ya, berhenti semuanya," imbuh Sandi.




Tonton Video Soal Mati Listrik Massal, Polri Telusuri Dugaan Sabotase:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/rvk)