detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 14:44 WIB

Ada Kasus Belum Selesai, Polri Kembali Aktifkan Satgas Mafia Bola

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Ada Kasus Belum Selesai, Polri Kembali Aktifkan Satgas Mafia Bola Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Jeffrie/detikcom)
Jakarta - Polri kembali mengaktifkan Satgas Antimafia Bola setelah sempat 'mati suri'. Satgas ini bekerja selama 6 bulan ke depan.

"Satgas Antimafia Bola jilid II ini mulai berjalan sejak kemarin tanggal 6 Agustus 2019 dan akan berjalan selama 6 bulan ke depan. Satgas ini masih dipimpin oleh Pak Brigjen Hendro Pandowo," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Presetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).

Dedi mengungkapkan alasan kembali diaktifkannya satgas ini. Salah satu alasannya adalah masih ada kasus yang belum sempurna penindakannya.



"Hal ini dimunculkan lagi karena adanya apresiasi dari masyarakat Indonesia yang menghendaki bahwa persepakbolaan Indonesia, khususnya di Liga 1, yang digelar tahun ini harus betul-betul terselenggara dengan bersih, bermartabat, dan berprestasi," ujarnya.

"Lalu masih ada beberapa perkara yang kasus belum selesai, yaitu kasusnya Vigit Waluyo dan Hidayat, ternyata masih harus disempurnakan lagi," imbuhnya.



Dia menjelaskan satgas ini akan dibantu oleh subsatgas di daerah. Subsatgas itu nantinya akan bekerja sama dengan panitia pelaksana untuk mencegah match fixing dan praktik suap dalam Liga 1.

"Satgas ini tidak hanya fokus di tingkat pusat, tapi dibagi menjadi 13 wilayah, sesuai dengan wilayah di mana liga itu digelar. Kemudian di tiap-tiap wilayah itu nanti ada Subsatgas Antimafia yang dipimpin oleh Dirkrimum bekerja sama dengan panpel," pungkasnya.



Kuasa Hukum Jokdri Tolak Replik Jaksa Penuntut Umum:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com