detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 10:53 WIB

Desain Kabinet Jokowi Ikut Dibahas di Kongres PDIP

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Desain Kabinet Jokowi Ikut Dibahas di Kongres PDIP Hasto Kristiyanto (Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Kongres V PDIP
Denpasar - Pembahasan kabinet kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) juga akan dilakukan di sela Kongres V PDIP. Tapi pembahasan tersebut hanya menyangkut soal desain kabinet.

"Kami lebih banyak berbicara tentang bagaimana desain kabinet yang membumikan Pancasila dengan jalan Trisakti, untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, misalnya," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Grand Inna Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2019).

Menurut Hasto, pembicaraan desain kabinet juga terkait dengan program ekonomi Indonesia. Hasto menyebut Jokowi punya kepentingan strategis untuk menempatkan kader partai dalam kabinetnya. Soal nama menteri akan dibahas secara mendalam nantinya.




"Kami bicara menteri melalui pembahasan mendalam, tidak langsung berbicara orang. Berbicara desain, kriteria, agenda strategisnya, baru orang," kata dia.

Hasto mengatakan Megawati akan membahas nama yang akan mengisi kabinet melalui dialog bersama Jokowi. Menurutnya, Megawati tak hanya akan menyodorkan nama dalam secarik kertas.

"Tidak menyodorkan secarik kertas nama, tidak. Tapi melalui dialog, sehingga yang disampaikan itu sesuai dengan apa yang menjadi desain agenda strategis Pak Jokowi," tutur Hasto.

Namun dialog soal nama menteri itu disebut Hasto belum akan dilakukan hari ini. Megawati, menurutnya, akan berbicara dengan Jokowi pada pertemuan lain.

"Ya nanti. Hari ini kan kami bicara strukturnya dulu, desain kabinetnya dulu, baru nanti biasanya Ibu melakukan dialog itu di Istana Batu Tulis. Tapi biasanya juga ketika beliau bertemu Pak Jokowi di Istana Merdeka hal tersebut akan disampaikan. Masih ada waktu," kata Hasto.



Tiba di Lokasi Kongres PDIP, Mega Disambut Tari Gandrung:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/fdn)
FOKUS BERITA: Kongres V PDIP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com