Cosmas Batubara Dimakamkan di TMP Kalibata Sabtu 10 Agustus

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 08:16 WIB
Foto: Cosmas Batubara (ist)
Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja era Presiden ke-2 RI Soeharto, Cosmas Batubara, meninggal dunia. Cosmas akan dimakamkan di TMP Kalibata pada Sabtu 10 Agustus 2019.

"Iya di TMP Kalibata tetapi jamnya kami belum tahu,kami masih menyesuaikan dengan protokolernya," ujar Putra Cosmas, Artur Batubara ketika dikonfirmasi, Kamis (8/8/2018).
Cosmas meninggal dunia setelah dua tahun berjuang melawan kanker. Artur menjelaskan sang ayah juga sempat menjalani pengobatan di Jepang dan meninggal dunia di RSCM Kencana.

"Jadi beliau sudah hampir dua tahun ini berjuang melawan kanker Limfoma. Sudah melalui beberapa tahap pengobatan termasuk kemoterapi di Jepang dan juga penanganan yang baik di RSCM Kencana," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom dari pihak keluarga, Cosmas meninggal dunia sekitar pukul 03.27 WIB, Kamis (8/8/2019). Cosmas menghembuskan nafas terakhirnya di RSCM Kencana.

Jenazah selanjutnya akan disemayamkan di kediamannya di Jalan Cidurian no 3, Cikini, Jakarta Pusat. Jenazah akan tiba pukul 10.00 WIB pagi.
Selain Menteri Tenaga Kerja Indonesia, Cosmas juga pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat. Dia juga dikenal sebagai Rektor Podomoro University.

Cosmas diketahui lahir pada 19 September 1938. Dia meninggal di usia 80 tahun.

Hingga akhir hayatnya Cosmas dikenal masih sangat aktif berorganisasi. Dia juga aktif hadir dalam berbagai acara adat Batak. (eva/knv)