Hari Merdeka 17 Agustus, Ini 10 Lomba Kreatif dan Lucu

Hari Merdeka 17 Agustus, Ini 10 Lomba Kreatif dan Lucu

Abdul Jalil - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 18:25 WIB
Untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, ini 10 lomba kreatif dan lucu. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, ini 10 lomba kreatif dan lucu. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Masyarakat Indonesia bersiap menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus dengan berbagai macam perayaan. Untuk memeriahkannya, biasanya diadakan banyak perlombaan.

Tanggal 17 Agustus identik dengan berbagai perlombaan yang seru dan kreatif, baik di desa maupun di perkotaan. Tujuannya adalah menciptakan kegembiraan untuk semua orang serta menyampaikan pesan moral tentang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan bangsa ini.

Bagi detikers yang sedang mencari ide 17-an, berikut ini 10 lomba yang selalu ada dan hemat biaya, yang bisa diadakan di tempat kalian, dirangkum dari berbagai sumber:


1. Panjat Pinang

Pada lomba 17 Agustus-an, panjat pinang ini akan selalu ada, namun hadiahnya bisa kekinian. Meskipun dianggap sangat sulit, tetap saja banyak yang mengikutinya, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pohon pinang yang dilumuri oli atau minyak membuat para pemanjat harus berjuang keras untuk dapat mengambil hadiah yang sudah diikat di bagian paling atas.

2. Balap Karung

Lomba ini diadakan menggunakan karung goni ataupun karung beras. Dilakukan oleh beberapa peserta, yang telah diberi garis lintas. Lomba ini memerlukan kekuatan kaki yang bagus untuk melompat. Yang pertama berhasil mencapai garis finis, dialah pemenangnya.

Di daerah tertentu, ada yang menambahkan helm pada peserta balap karung agar lebih berkesan lucu.

3. Lomba Makan Kerupuk

Peraturan lomba makan kerupuk adalah tangan peserta tidak boleh memegang kerupuk, bahkan ada yang sampai diikat untuk menghindari kecurangan. Dengan kerupuk yang digantung, lomba ini sedikit sulit dan terlihat seru.

4. Lomba Balap Bakiak

Lomba ini membutuhkan kekompakan dan seorang komando untuk mencapai garis finis tercepat. Sebab, untuk mengikuti lomba ini harus dengan berkelompok, biasanya 4-5 orang. Bakiak yang digunakan adalah bakiak panjang yang bisa menampung 3-5 pasang kaki.

5. Lomba Joget Balon

Lomba ini diharuskan berpasangan. Pasangan peserta harus membawa balon ke garis finis. Dengan syarat balon harus ditaruh di antara muka dua peserta. Saat memindahkannya, peserta harus sambil berjoget dan jalan berhadapan.


6. Lomba Balap Kelereng

Para peserta menggunakan media sendok yang digigit untuk membawa sebutir kelereng ke garis finis. Siapa yang tercepat, dialah pemenangnya. Lomba ini memerlukan ketenangan saat berjalan.

7. Lomba Memasukkan Paku atau Pensil ke Dalam Botol

Peserta lomba diharuskan memasukkan paku atau pensil ke dalam sebuah botol. Hal ini terasa sulit karena paku tersebut digantungkan pada bagian belakang perut peserta. Untuk memenanginya perlu kesabaran yang ekstra.

8. Lomba Gigit Koin

Dengan menggunakan uang koin sebagai objek utamanya, yang dilekatkan pada media tertentu seperti buah buah semangka, jeruk besar, pepaya, buah kelapa muda, dan sebagainya. Di mana media tersebut sebelum digunakan, terlebih dulu dilumuri dengan minyak oli, cokelat, minyak sayur, atau kopi bubuk.

9. Lomba Tarik Tambang

Lomba ini diharuskan membentuk sebuah kelompok, untuk tiap kelompok beradu kekuatan. Lomba ini bukan hanya tentang kekuatan, tapi juga kekompakan agar bisa membawa tim menjadi juara.

10. Lomba Pecahkan Balon Air

Yang terakhir, tak kalah menarik untuk diadakan juga adalah lomba pecahkan balon air. Peserta diharuskan memecahkan balon yang berisi air, dalam keadaan mata tertutup menggunakan sebatang kayu.

Balon tersebut digantungkan dengan sebuah tali, dengan jarak 10 cm dari kepala peserta. Untuk media balonnya juga bisa diganti menggunakan plastik yang berisi air ataupun kendi. (nwy/nwy)