Ricuh Nobar PSM-Persija, Polisi Tetapkan 9 Orang sebagai Tersangka

Ricuh Nobar PSM-Persija, Polisi Tetapkan 9 Orang sebagai Tersangka

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 16:50 WIB
Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar (Matius Alfons/detikcom)
Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Polisi menetapkan sembilan orang sebagai tersangka pelemparan di kafe Komandan, Tebet. Sembilan orang tersebut diduga melempari dan melakukan perusakan di kafe yang menyelenggarakan nonton bareng (nobar) PSM versus Persija.

"Iya setelah kita melakukan kegiatan pengamanan di sana, dan pascakeributan, atau bentrok antarsuporter, kemudian kita berhasil melakukan penyelidikan lebih jauh dan kita sudah amankan 9 orang, kita tetapkan tersangka," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar kepada wartawan di Mapolres Jakarta Selatan, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

Indra mengatakan sembilan orang tersebut melakukan perusakan dengan melemparkan batu ke kafe Komandan. Ia menyebut sembilan orang tersebut sedang melintas di lokasi lalu melakukan provokasi.

"Orang-orang melintas itu, (mereka) melihat dari suporter PSM yang nonton bareng di kafe Komandan itu, seketika spontan karena melihat mereka (supprter PSM) sedang berjoget, secara spontan mereka melakukan pelemparan ke dalam," ucap Indra.

Indra mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kericuhan tersebut. Namun sebuah mobil milik suporter rusak karena dilempari.

"Korban jiwa tidak ada. Ada kerusakan satu kendaraan dari penonton ini yang rusak kena lemparan batu. Saat ini sudah kita amankan kendaraannya," ungkap Indra.

Indra menuturkan pihaknya hingga saat ini masih mendalami keterlibatan pelaku lainnya. Ia belum bisa memastikan keterkaitan perstiwa semalam dengan peristiwa pelemparan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, sempat terjadi kericuhan seusai nobar final Piala Indonesia antara PSM Makassar dan Persija Jakarta di Tebet. Tak ada korban dan kini sudah kondusif.

Kafe Komandan, yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan, menggelar nobar PSM versus Persija. Juku Eja keluar sebagai juara setelah menang 2-0 di Stadion Mattoanging, Makassar, Selasa (6/8). Hasil itu membalas kekalahan 0-1 PSM saat bertandang ke markas Persija.

Tak lama setelah laga tuntas, terjadi kericuhan. Petasan dan kembang api berterbangan ke arah dalam kafe. Pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab kericuhan.

Selain terjadi kerusakan pada kafe, ada mobil dan motor yang rusak. Polisi bakal coba mengecek CCTV untuk mencari tahu pemicu masalahnya.




Tonton Video Anies Minta Oknum Penyerang Nobar PSM Vs Persija Ditindak:

[Gambas:Video 20detik]

(maa/fdu)