Agenda Kongres V PDIP di Bali: Malam Budaya hingga Pilih Ketum Baru

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 15:28 WIB
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan melangsungkan Kongres V di Bali. Acara yang digelar mulai 8 hingga 11 Agustus 2019 itu akan diisi oleh beragam acara.

Berdasarkan susunan acara yang diterima detikcom, para peserta mulai melakukan registrasi pada pukul 09.00 hingga 18.00 Wita, Rabu (7/8/2019). Mereka kemudian dijamu dengan makan malam dan pentas seni atau malam budaya dari pukul 19.00 hingga 21.30 Wita.

"Saat Malam Budaya, selain pidato ucapan selamat datang oleh Ketua DPD PDIP Provinsi Bali I Wayan Koster, Ibu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga dijadwalkan memberikan sambutan," ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (7/8).


Esoknya, pada Kamis (8/8), pembukaan kongres dimulai pada pukul 13.00 Wita yang diawali oleh tarian selamat datang, lagu kebangsaan Indonesia, mars partai, himne partai, sampai seremoni pembukaan kongres.

Kongres digelar dengan beberapa sesi mulai dari Paripurna I hingga VI di hari Sabtu (10/8) dengan agenda pengesahan, pembahasan serta penetapan Ketua Umum PDIP dan kepengurusan.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan hadir dalam kongres ini. Selain itu, ada tokoh partai lain seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang bakal hadir.


Kongres V PDIP akan diikuti 2.200 orang dari pengurus DPP, DPD, dan DPC, kepala daerah kader PDIP, serta pengurus PDIP dari perwakilan luar negeri. Saat ini, beberapa peserta dan tim peninjau sudah tiba di lokasi kongres.

Kongres V PDIP akan mengambil tema 'Solid Bergerak untuk Indonesia Raya' dengan subtema 'PDI Perjuangan Menuju Partai Pelopor dan Modern'.

Kongres V PDIP di Bali dapat disaksikan secara live streaming di detikcom.


(prf/ega)