Bupati Tangerang Buka Pameran Foto 7 Perempuan 7 Rupa

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 14:56 WIB
Suasana Pameran Foto 7 Perempuan 7 Rupa (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Suasana Pameran Foto 7 Perempuan 7 Rupa (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Tangerang - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar membuka pameran foto 7 Perempuan 7 Rupa di Summarecon Mall Serpong, Tangerang. Dalam kesempatan ini, Zaki menyinggung soal peran perempuan Indonesia di dalam masyarakat.

"Jadi ini pameran foto dari 7 fotografer wanita yang menggambarkan dan mengekspresikan aktivitas dan kreativitas para fotografer yang berusia di atas 50 tahun. Ternyata usia 50 tahun itu bukan waktu yang terlampau tua untuk berkreativitas. Masih banyak energi, karya, dan hasil-hasil produktif yang bisa diperlihatkan kepada masyarakat," ujar Zaki dalam sambutannya, Rabu (7/8/2019).

Zaki juga memuji ketujuh fotografer wanita yang menampilkan karyanya dalam pameran ini, yakni Ika Denny, Mathilda Kolondam, Ian Bismarkia, Vivera Siregar, Ariani Aruan, Ika Cahyawati, dan Esther Pupung. Baginya, gender dan usia bukanlah halangan untuk berkarya.

Bupati Tangerang Buka Pameran Foto 7 Perempuan 7 RupaSuasana Pameran Foto 7 Perempuan 7 Rupa (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

"Tentunya ini juga, karena menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia, ini rangkaian perayaan ulang tahun Republik Indonesia ke-74 dengan menggambarkan wanita-wanita Indonesia yang begitu hebat," ujar Zaki.

"Buat saya, persamaan gender di Kabupaten Tangerang sudah sesuatu hal yang biasa. Kalau memang ada wanita yang punya prestasi, itu bukan sesuatu yang tabu untuk menjadikan perempuan ini sebagai pemimpin. Contohnya saja camat di Kelapa Dua, Tangerang, itu seorang perempuan. Itu menggambarkan perempuan maupun laki-laki punya kesempatan yang sama, yang penting kapasitas dan kapabilitas mereka sudah teruji," imbuhnya.

Bupati Tangerang Buka Pameran Foto 7 Perempuan 7 RupaSuasana Pameran Foto 7 Perempuan 7 Rupa (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Tak hanya soal peran perempuan Indonesia, dalam sambutannya Zaki juga membahas soal pergeseran budaya masyarakat Indonesia yang digambarkan dalam dunia fotografi.

"Sekarang ini, momentum-momentum hidup kita sering sekali didokumentasi oleh foto. Jadi momentum apa saja bisa, mulai dari arisan sampai menjelang makan, difoto dulu makanannya. Padahal makanannya hanya pisang goreng, tapi dari angle-nya. Nah ini satu lagi, dengan perkembangan teknologi informasi dan media sosial, ini menjadi satu kebudayaan baru buat kita," ujar Zaki.

Zaki pun berharap pameran foto ini juga bisa membuka wawasan masyarakat yang hadir ke pameran tersebut.

Suasana pameranSuasana Pameran (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

"Yang ditampilkan fotografer di sini adalah kebudayaan-kebudayaan Indonesia, yang nantinya bisa membuka wawasan masyarakat bahwa Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke kaya akan budaya dan adat istiadat yang merupakan kekuatan Republik Indonesia," ujar Zaki.

Vivera Siregar, salah seorang fotografer yang berpartisipasi, berharap pameran ini bisa menginspirasi para wanita, terutama yang sudah mulai menginjak usia 50 atau lebih.

"Kita ingin menginspirasi banyak orang bahwa di usia kita bisa bahagia dengan apa yang kita tekuni. Passion kan. Kalau passion akan membuat kita hidup. Passion kita yang membuat kita hidup sampai umur berapa pun," ujar Vivera.

Suasana Pameran Foto 7 Perempuan 7 RupaSuasana Pameran Foto 7 Perempuan 7 Rupa (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Pantauan detikcom, setelah membuka acara pameran ini, Zaki beserta rombongan tampak berkeliling melihat foto-foto yang dipamerkan. Ia menghampiri satu per satu instalasi karya dari ketujuh fotografer tersebut. Sesekali ia juga berdiskusi dengan para fotografer tersebut mengenai karya foto yang dipamerkan. Para pengunjung mall juga tampak tertarik untuk melihat hasil karya ketujuh fotografer profesional tersebut.

Pameran Foto 7 Perempuan dan 7 Rupa merupakan salah satu rangkaian acara dari Lomba Foto 2019 yang diadakan oleh Summarecon Serpong pada 7-11 Agustus. Selain lomba foto dan pameran, ada talkshow bertema fotografi dengan pembicara dari sejumlah fotografer profesional, salah satunya Arbain Rambey. (hri/hri)