detikNews
Rabu 07 Agustus 2019, 14:08 WIB

Begini Sikap KPAI soal Lagu 'Lah Bodo Amat' Young Lex

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Begini Sikap KPAI soal Lagu Lah Bodo Amat Young Lex Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan lagu 'Lah Bodo Amat' yang dibawakan Young Lex. KPAI menilai lagu tersebut bukan untuk konsumsi anak-anak.

"Menurut saya, lagu ini tidak untuk konsumsi anak-anak. Kata-kata 'lah bacot amat' dan kontennya memang konten dewasa," kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati saat dimintai konfirmasi, Rabu (7/8/2019).

Rita menuturkan frasa 'bacot amat' tidak sesuai dengan budaya Indonesia. Dia mengatakan pendidikan karakter kepada anak harus menonjolkan rasa menghargai satu sama lain.

"'Bacot amat' itu kurang sesuai dengan budaya Indonesia yang menghargai orang lain. Dalam pendidikan karakter, kita perlu menghargai dan memiliki jiwa sosial," jelasnya.

KPAI mengingatkan orang tua agar selalu mengawasi tontonan anak. Dia menuturkan orang tua harus memberikan konten tontonan yang ramah anak.

"KPAI mengingatkan orang tua untuk memberikan tontonan lagu informasi layanan layak anak," tuturnya.

Rita menyebut KPAI bisa memanggil Young Lex jika menerima banyak laporan terkait lagu tersebut. Saat ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan tontonan yang ramah anak.

"Kita ngobrollah agar semua pihak ikut mendidik masyarakat," ucapnya.

Lagu Young Lex itu juga mendapat kritik dari seorang motivator dan dokter, Dedy Sutanto. Dedy mengkritik dampak buruk lagu itu dengan mengirim pesan langsung ke Instagram Lex tentang 'Lah Bodo Amat'.

"Mas banyak loh anak yg blg 'bodoh amat bacot amat' ke guru dan orang tuanya. Saya sangat yakin bila suatu saat anak mas mengatakan begitu ke mas, pasti mas tidak berkenan. Bila mas berkenan, berarti saya harus banyak belajar ilmu psikologi ke mas kok bisa sabar level dewa gitu," tulisnya yang di-posting di media sosial.

Dedy Sutanto bahkan meminta Young Lex menurunkan lagu 'Lah Bodo Amat'. Sebab, ia tak mau anak-anak Indonesia jadi terpengaruh negatif karena kata-kata dalam lirik lagu Lex.

"Mohon videonya diturunkan ya mas. Semoga mas berkenan mendukung kami para pejuang psikologis anak. Terima kasih," tuturnya lagi.

Menanggapi hal itu, Young Lex menanggapi santai. Dia meminta bukti data atas ucapan sang motivator.

"Saya minta bukti data realnya dong bukan dari asumsi dan kata orang, dan yang dimaksud banyak itu brp ya? Sebut secara signifikan. Terima kasih pak dokter," balasnya.


Tulis Pesan Panjang, Awkarin Ingin Young Lex Perbaiki Diri:

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com