Round-Up

Doa-doa Mengalir untuk KH Maimun Zubair

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 20:50 WIB
Foto: Karya Adalah Doa
Jakarta - Segenap doa mengalir untuk KH Maimun Zubair atau Mbah Moen yang meninggal dunia hari ini di Mekah. Doa itu datang dari para tokoh nasional yang merasa kehilangan akan sosok kiai kharismatik itu.

Doa untuk Mbah Moen salah satunya datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengenang sosok Mbah Moen sebagai kiai kharismatik yang menjadi rujukan umat Islam di Indonesia, khususnya di bidang fikih. Jokowi mendoakan agar arwah Mbah Moen diterima di sisi-Nya.

"Semoga bisa diterima di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dam keikhlasan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019).


Selain itu, doa untuk Mbah Moen dipanjatkan oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ucapan doa itu disampaikan lewat juru bicaranya Dahnil Anzar Simanjuntak. Prabowo mendoakan Mbah Moen wafat dalam keadaan husnul khatimah.

"Pesan Pak Prabowo terkait wafatnya Mbah Moen, innalillahi wa innailaihi rojiun, saya turut berdukacita atas wafatnya KH Maimun Zubair (Mbah Moen), insyaallah beliau husnul khatimah," kata Dahnil.


Ungkapan doa itu juga disampaikan oleh mantan Rais Aam PBNU dan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin. Ma'ruf mengenang Mbah Moen sebagai orang yang alim (berilmu), faqih (ahli hukum), dan jadi panutan ulama lainnya lewat akun Twitter-nya @Kiyai_MarufAmin. Ma'ruf mendoakan agar Mbah Moen ditempatkan di surga bersama Nabi.

"Semoga Husnul Khatimah & ditempatkan Allah SWT di Surga bersama Nabi Muhammad SAW," tulis Ma'ruf di Twitter-nya.

Eks Cawapres Sandiaga Uno turut menyampaikan doa terbaik untuk Mbah Moen. Dia berdoa Mbah Moen meninggal dalam keadaan baik dan kuburannya dilapangkan.

"Semoga husnul khatimah, diterima segala amal ibadahnya, dan dilapangkan kuburnya. Aamiin ya rabbal alamin," ucap Sandiaga melalui akun Twitter @sandiuno.

Tak hanya itu, doa untuk Mbah Moen juga datang dari Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY masih terkenang dengan pesan-pesan Mbah Moen soal amanah memperjuangkan rakyat. Dia lantas mendoakan Mbah Moen wafat dalam keadaan husnul khotimah.

"Masih terkenang nasihat-nasihat beliau untuk terus perjuangkan masyarakat, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Husnul khotimah insyaallah," ucap AHY.


Mbah Moen juga didoakan oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Doa tersebut disampaikan Lukman saat melepas jenazah Mbah Moen di kantor Daker Mekkah, sebelum disalatkan di Masjidil Haram.

"Kita pasti bersedih, tapi yakinlah bahwa ini adalah saat yang beliau nanti-nantikan, dalam beberapa kesempatan inilah saat yang beliau nantikan untuk berpulang ke hadirat Allah. Maka marilah kita mengantar kepulangan beliau meski dengan kesedihan mendalam tetapi marilah kita ikhlas untuk mengantarkan dan mendoakan beliau berpulang husnul khotimah," kata Lukman.