ADVERTISEMENT

Tanamkan Pancasila ke Milenial, Seminar Kebangsaan Digelar di Senayan Besok

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 16:25 WIB
Foto: Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan artis Deddy Corbuzier (kanan). (Farih-detikcom)
Jakarta - Seminar kebangsaan bertajuk 'Bergandengan tangan membangun negeri, memperkokoh persatuan dan kesatuan' akan digelar di Hall Basket Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (7/8). Lewat agenda ini, nilai-nilai Pancasila diharapkan lebih tertanam di kalangan milenial.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan ke generasi milenial. Ini menurutnya penting agar ke depan persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga.

"Kita tahu Pancasila itu pandangan hidup kita yang sangat mulia. Oleh karenanya kita bersama-sama dengan Lemhannas ingin memberikan suatu pembelajaran bagi masyarakat, khususnya birokrat yang ada di Kementerian Perhubungan. Tapi kita tidak mau ekslusif, kita ingin inklusif kita ngajak masayarakat," ujar Menhub Budi Karya di Pisa Kafe, Jalan Gereja Theresia, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).


Budi menilai saat ini ada kondisi di mana pihak tertentu berusaha mengurangi nilai-nilai Pancasila dengan cara hidup, cara pandang, bahkan secara agresif mempersalahkan Pancasila itu sendiri. Karena itu, Budi mengajak masyarakat terkhusus milenial untuk kembali memperbaiki cara hidupnya.

"Tentang pertahanan ini menjadi suatu pemahaman bersama yang akhirnya kita memulai lagi memperbaiki cara hidup kita itu jadi lebih baik," kata Budi.

Artis Deddy Corbuzier juga akan hadir dalam agenda ini. Menurutnya penanaman nilai-nilai Pancasila sejak dini amat penting. Dirinya juga menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anaknya mulai dari hal sederhana.

"Menanamkan rasa nasionalisme bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Dari saya sendiri tentunya membatasi, melihat, menemani dia untuk apa yang harus dia lihat apa yang harus tidak dia lihat," katanya.


Selain Budi Karya, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dan Wali Kota Tanggerang Selatan Airin Rachmi Diany akan menjadi narasumber.

Selain itu, akan hadir pula Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan, Mayjen TNI (Purn) I Putu Sastra Wingarta, KH Miftah Maulana Habiburrohman (Gus Miftah), Krisdayanti, hingga Ita Purnamasari. (idh/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT