Tema Muktamar PKB 2019 di Bali: Melayani Ibu Pertiwi

Tema Muktamar PKB 2019 di Bali: Melayani Ibu Pertiwi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 16:05 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar. (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - DPP PKB segera menggelar muktamar di Bali. Wasekjen PKB Lukmanul Khakim ditunjuk menjadi ketua panitia forum musyawarah tertinggi PKB itu.

Muktamar PKB akan digelar pada 20-21 Agustus 2019 di Nusa Dua, Bali. Konsepnya dibuat sebagai pesta rakyat. Temanya adalah 'PKB Melayani Ibu Pertiwi'.

"Persiapannya kira-kira sudah 90 persen. Konsep muktamar nanti akan dibikin sebagai pesta rakyat. Ada area nonton bareng, bazar, hingga pameran foto," kata Lukman kepada wartawan, Selasa (6/8/2019).


Lukman mengatakan, selain untuk memilih ketua umum, agenda muktamar adalah menyusun agenda partai ke depan. Soal tema, Lukman mengatakan partainya meneguhkan sikap untuk bekerja membangun bangsa. Muktamar itu, dia menambahkan, juga untuk menegaskan komitmen PKB dalam mengawal dan menyukseskan jalannya pemerintahan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan.

"Kami siap melayani, berarti menjadi pelayan. Artinya, PKB siap lahir-batin untuk menjadi pelayan kepentingan bangsa dan negara," ujar Lukman.

Lukmanul Hakim.Lukmanul Hakim. (Foto: dok. PKB)

Menurut Lukman, semangat yang digaungkan PKB pada muktamar nanti tercermin dalam logo yang terdapat gambar lebah. Makna lebah yang terkandung dalam logo tersebut memiliki filosofi yang cukup mendalam.

"Lebah itu selalu hidup berkelompok. Pada diri lebah juga terkandung hal positif dan produktif dalam memberikan manfaat besar untuk kehidupan, yaitu madu. Madu inilah yang kita sebut sebagai manfaat dari hasil perjuangan PKB untuk masyarakat luas di lima tahun mendatang. Lebah juga tidak mau hinggap di tempat yang kotor," tuturnya.

Tema Muktamar PKB 2019.Tema Muktamar PKB 2019. (Foto: dok. PKB)

Anggota Komisi VI DPR itu menjelaskan Bali dipilih sebagai lokasi muktamar karena dengan harapan peserta bisa sekaligus berlibur. Dia mengatakan peserta muktamar perlu liburan setelah bekerja keras menempatkan PKB sebagai parpol peraih kursi terbanyak kelima di DPR RI di Pemilu 2019.

"Mohon doa dari seluruh lapisan masyarakat, mudah-mudahan Muktamar PKB berjalan sukses dan lancar," ujar Lukman. (tor/tor)