detikNews
Selasa 06 Agustus 2019, 14:05 WIB

Panglima TNI Pastikan Enzo Taruna Akmil Keturunan Prancis Berstatus WNI

Mochamad Zhacky - detikNews
Panglima TNI Pastikan Enzo Taruna Akmil Keturunan Prancis Berstatus WNI Enzo, Taruna Akmil Keturunan Prancis, Jadi Viral di Medsos (Foto: Dok. TNI AD)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan status kewarganegaraan taruna Almil keturunan Prancis, Enzo Zenz Allie, adalah WNI. Hadi menjelaskan status WNI merupakan salah satu syarat menjadi taruna Akmil.

"Iya (Enzo) WNI, karena mulai dari pendaftaran kan harus persyaratannya itu, diterima sebagai calon," kata Hadi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019).



Hadi menyebut Enzo memenuhi syarat seorang taruna. Tak hanya dari segi fisik, psikologis Enzo juga memenuhi.

"Ya intinya dari hasil seleksi dia memenuhi syarat. Viral itu pull up-nya, larinya. Yaitu kan hitung, semua, secara fisik, kemudian psikologi, ya semua memenuhi syarat," jelasnya.



Enzo sebelumnya mencuri perhatian Hadi dan jadi viral di media sosial. Enzo sempat tinggal di Prancis mengikuti ayahnya yang merupakan warga di sana. Namun, setelah sang ayah meninggal, Enzo diajak ibunya pulang ke Indonesia saat berusia 13 tahun. Enzo fasih 4 bahasa dan pernah mondok di pesantren.

Marsekal Hadi sendiri sempat bertemu dengan Enzo saat sidang pantukhir. Keduanya bercakap-cakap dengan bahasa Prancis.


Tonton video Ini Enzo, Taruna Akmil Keturunan Prancis yang Ingin Jadi Kopassus:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com