detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 23:51 WIB

Bupati Bogor Ingin Ratusan TransJ Teronggok di Dramaga Jadi Bus Sekolah

Tim detikcom - detikNews
Bupati Bogor Ingin Ratusan TransJ Teronggok di Dramaga Jadi Bus Sekolah Ratusan bus TransJ teronggok di Dramaga, Bogor. (Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin berharap ratusan bus TransJakarta yang teronggok di Dramaga dihibahkan. Dia berniat menjadikan ratusan bus tersebut sebagai bus sekolah.

"Izin juga tidak ada, daripada nganggur begini, bagusnya dihibahkan aja untuk bus sekolah, tapi selesaikan dulu kasusnya," ujar Ade Yasin saat meninjau ratusan bus tersebut, seperti dilansir Antara, Senin (5/8/2019).

Menurut Ade Yasin, dari sekitar 300 bus yang telantar, sebagian masih tampak laik fungsi. Dia meminta bus-bus yang masih berfungsi baik dimanfaatkan.


Ade Yasin keberatan bila ratusan bus tersebut terlalu lama ada di wilayahnya. Dia khawatir bila ratusan bus tersebut dibiarkan telantar bisa memicu timbulnya dampak sosial seperti jadi lokasi tempat mesum hingga jadi sarang nyamuk.

"Ini lokasinya di pinggir jalan, saya pikir jangan lama-lama kalau mau simpan di sini. Kalau sementara di sini tidak masalah, tapi kalau harus di sini bertahun-tahun itu saya keberatan. Karena rawan sosial," kata Ade Yasin.


Ade Yasin berencana melayangkan surat keberatan kepada pemilik bus. Menurutnya, meski ratusan bus itu disimpan di lahan pribadi, tetap perlu ada koordinasi antara pemilik dan Pemkab Bogor.

"Secara kewilayahan ini nggak berkenan jadi tempat penampungan. Kabupaten sedang membangun, jadi kurang bagus kalau banyak bangkai-bangkai bus begini," tuturnya.


Sebelumnya, pejabat Humas PT TransJakarta, Wibowo, memastikan bus yang berada di lapangan tersebut bukan milik TransJakarta. Namun dia tidak memberikan penjelasan lebih rinci.

"Kami memastikan itu bukan bus TransJakarta," ujar Wibowo, Sabtu (27/7).
(jbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com