detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 18:59 WIB

MRT Mati karena Listrik Padam, Anies: Sama dengan Negara Lain

Arief Ikhsanudin - detikNews
MRT Mati karena Listrik Padam, Anies: Sama dengan Negara Lain Stasiun MRT Bundaran HI saat listrik padam (Adhi/detikcom)
FOKUS BERITA: Listrik Padam Massal
Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) sempat berhenti beroperasi karena listrik di Jakarta padam. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tidak ada bedanya MRT di Jakarta dengan negara lain.

"Jadi tadi saya tanya kepada tim apa yang menjadi pembeda MRT kita dengan MRT-MRT yang lain. Menurut mereka, memang sistem yang kita miliki juga sama dengan sistem-sistem yang ada di negara-negara yang lain," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Menurut Anies, ada dua suplai energi listrik dalam MRT. Suplai utama digunakan untuk menggerakkan MRT, sedangkan suplai lainnya berfungsi sebagai cadangan.

"Nah, yang kasus kemarin kita hadapi kan seluruh kawasan bagian barat Pulau Jawa down, sehingga seluruh power grid itu mati. Sedangkan sistemnya, backup salah satu berfungsi," kata Anies.

Saat power grid atau suplai energi utama mati, suplai energi cadangan berfungsi untuk penyelamatan, sehingga penumpang bisa keluar dengan selamat.

"Jadi, sejauh ini backup power bisa digunakan untuk safety. Kalau ada kejadian, penumpang bisa turun dengan tenang karena seluruh alat masih bisa beroperasi dengan baterai yang dimiliki. Untuk membuka pintu, untuk menyalakan lampu, untuk seluruh fungsi-fungsi kedaruratan di situ ada emergency," kata Anies.

Anies menerangkan energi cadangan tidak bisa menggerakkan MRT. Perlu energi listrik besar untuk menggerakkan MRT.

"Jadi backup power-nya ada untuk safety dan emergency. Tetapi memang bukan backup untuk menjalankan operasi seluruhnya. Karena kalau menjalankan operasi seluruhnya membutuhkan energi yang sangat besar sekali," ucap Anies.

Sebelumnya, pada Minggu (4/8), MRT mati karena listrik di Jakarta mengalami gangguan. Anies mengunjungi Halte Bundaran HI untuk memastikan proses evaluasi dan MRT kembali beroperasi.

"Tadi malam operasi MRT mulai berjalan mulai jam 8 malam. Saya sendiri berada di sana sejak petang sampai mulai beroperasi kereta pertama jalan saya naik kereta pertama yang berangkat," ucap Anies.


Cerita Penumpang MRT Saat Pasokan Listrik Padam:


(aik/idh)
FOKUS BERITA: Listrik Padam Massal
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com