detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 17:34 WIB

Hasil Investigasi Pemprov Sumsel: SMA Taruna Tak Boleh Terima Siswa Baru

Raja Adil Siregar - detikNews
Hasil Investigasi Pemprov Sumsel: SMA Taruna Tak Boleh Terima Siswa Baru Gubernur Sumsel Herman Deru sampaikan hasil tim investigasi. (Raja/detikcom)
Palembang - Tim investigasi pendidikan terkait tewasnya dua siswa SMA Taruna Indonesia, Palembang akhirnya selesai. Hasilnya, SMA Taruna Indonesia tak lagi boleh menerima siswa baru.

"Sore hari ini saya membuat keputusan tentang apa yang terjadi di SMA Taruna Indonesia. Kita pun sudah rapat dengan seluruh stakeholder dan ada keputusan," terang Gubernur Sumsel Herman Deru ditemui di kantornya, Senin (5/8/2019).

Dalam keputusannya, kata Herman Deru, sekolah tidak boleh lagi menerima siswa baru untuk tahun depan. Hal ini sebagai sanksi tegas Disdik terkait tewasnya dua siswa baru saat kegiatan masa orientasi siswa (MOS).


"Keputusan yang diambil terhadap SMA Taruna ini adalah memberi sanksi tidak boleh menerima siswa baru pada tahun ajaran 2020/2021. SMA Taruna dilarang menerima siswa baru selama 1 tahun," kata Herman Deru tegas.

Setelah keputusan itu diambil, Herman Deru akan segera menandatangani dan menyerahkan ke pihak sekolah. Bahkan, dalam keputusannya, Herman Deru juga melarang adanya kegiatan semi-militer.

"Setelah 1 tahun sanksi itu berlaku, jika ingin mengajukan lagi maka ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Mulai saat ini SMA Taruna Indonesia Palembang harus menghentikan kegiatan belajar mengajar yang bersifat militer," katanya.

"Saya katakan itu dilarang dan sekolah tetap jalan seperti sekolah SLTA biasa. Kalau untuk atribut silakan saja," kata Herman Deru.


Untuk diketahui, dua siswa SMA Taruna Indonesia tercatat meninggal dunia setelah mengikuti MOS pekan lalu. Kedua siswa itu adalah Delwyn Berli dan Wiko.

Untuk meninggalnya Delwyn, penyidik di Satreskrim Polresta Palembang secara resmi menetapkan pembina di sekolah, Obbi Frisman sebagai tersangka. Obbi dituding melakukan penganiayaan yang menyebabkan Delwyn meninggal.

Atas perbuatannya, Obbi saat ini ditahan di Polresta Palembang. Dia terancam Pasal 80 UU Perlindungan Anak, yang ancaman pidananya 15 tahun penjara.


Siswa SMA Taruna Mengeluh Pening Sebelum Meninggal:

[Gambas:Video 20detik]


(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com