detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 16:10 WIB

Laporan Dari Moskow

Sukses Gelar Festival Indonesia di Moskow, Dubes RI untuk Rusia Raih MURI

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sukses Gelar Festival Indonesia di Moskow, Dubes RI untuk Rusia Raih MURI Penyerahan penghargaan MURI kepada Dubes RI untuk Rusia (Foto: Marlinda Oktavia/detikcom)
Jakarta - Tahun ini ke-4 kalinya KBRI di Rusia menggelar Festival Indonesia. Sebagai penggagas festival, Dubes RI untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi pun menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pemberian penghargaan dilakukan di Wisma KBRI, Moskow, Rusia, Senin (5/8/2019). Penghargaan MURI karena sukses menggelar Festival Indonesia 4 kali berturut-turut ini langsung diberikan oleh Ketua MURI Jaya Suprana.

"Dengan penuh kerendahan hati kami menyerahkan penghargaan MURI atas maha karyanya," kata Jaya Suprana.



Jaya Suprana mengaku kagum dengan kerja keras Wahid selama ini. Menurut dia, Wahid berhasil menggelar Festival Indonesia terbesar di Eropa.

Dia pun capaian Wahid bakal menjadi pekerjaan berat untuk diikuti oleh penerusnya. Jaya menyebut Wahid lewat Festival Indonesia berhasil mengubah taman di Moskow menjadi terasa seperti di Solo.

"Seperti kemarin itu, seperti mengubah Krasnaya Presnya Park di Moskow menjadi Taman Sriwedari di Solo. Ini akan menjadi pekerjaan berat bagi penerus Pak Wahid nantinya," ujarnya.

Wahid, yang akan pensiun pada bulan Oktober 2019 mendatang pun menyambut baik penghargaan itu. Namun, menurut Wahid, kesuksesannya dalam menggelar Festival Indonesia tak lepas dari kerja keras seluruh staf KBRI.

"Ini sebenarnya kerja team work luar biasa. Mungkin ini teman-teman KBRI pada ngeluh ya karena kerja hingga pagi," kata Wahid.



Wahid mengatakan sejak menjadi Dubes RI untuk Emirat Arab dirinya memang sudah menggagas sebuah festival. Lalu, saat ditugaskan ke Rusia, dia pun berhasil menggelar Festival Indonesia yang cukup besar di Moskow hingga sekarang.

Wahid ingin menunjukkan kepada dunia ragam dan kekayaan budaya Indonesia. Dia pun menilai Festival Indonesia yang digelarnya hingga saat ini berhasil mencuri perhatian warga Rusia dari tahun ke tahun.

"Our strength is our culture," pungkas Wahid.
(mae/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com