detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 12:11 WIB

Bupati Solok Selatan Minta Maaf Soal drg Romi Gagal Jadi PNS

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Bupati Solok Selatan Minta Maaf Soal drg Romi Gagal Jadi PNS Muzni Zakaria (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Pemkab Solok Selatan akhirnya mengupayakan pengangkatan drg Romi sebagai PNS. Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria juga minta maaf atas permasalahan tersebut.

"Kami atas nama Pemkab Solok Selatan didampingi Ibu Rieke dan Ketua Panselda menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan yang terjadi yang mungkin telah melukai hati masyarakat Indonesia khususnya kawan-kawan dari disabilitas," kata Muzni di di Kemenpan RB, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Muzni mengatakan permasalahan yang dialami drg Romi akan jadi pelajaran bagi Pemkab Solok Selatan. Dia berjanji akan mengedepankan rasa keadilan supaya kejadian yang dialami drg Romi tak terulang lagi.



"Ini adalah suatu pelajaran yang sangat berharga bagi kami ke depan agar tidak terlalu kaku dalam mengeluarkan suatu kebijakan dan ke depan kita kan lebih memperhatikan, memprioritaskan rasa keadilan publik dalam setiap kebijakan," ujarnya.

Sebelumnya, nama drg Romi Syofpa Ismael dicoret sehingga gagal menjadi PNS. Pemkab Solok Selatan beralasan drg Romi tidak sehat karena disabilitas.

Sebelum ikut tes CPNS, drg Romi sudah mengabdi sebagai dokter honorer di Puskesmas Talunan. Setelah itu, ia diangkat menjadi pekerja tidak tetap. Pada 2016, drg Romi Syofpa Ismael mengalami paraplegia usai melahirkan, yang memaksa harus menggunakan alat bantu kursi roda untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, drg Romi tetap mengabdi di Puskesmas dan tidak ada masalah dalam penanganan pasien gigi di puskesmas. Hingga muncul seleksi CPNS 2018 dan ia ikut seleksi.



"Dia menduduki peringkat terbaik ranking 1 untuk tes kompentensi," kata Direktur LBH Padang, Wendra Rona Putra yang menjadi kuasa drg Romi saat dihubungi detikcom, Senin (22/7).

Masalah ini pun menjadi sorotan. drg Romi mengadu ke berbagai pihak dan Pemkab Solok Selatan mendapat kritik.

Terbaru, Muzni menyebut drg Romi Syofpa Ismael bisa diterima sebagai PNS. Kepastian pengangkatan itu setelah dia menemui Menpan RB Syafruddin bersama anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka.


Simak Video Blak-blakan drg Romi: Melawan Diskriminasi

[Gambas:Video 20detik]


(abw/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com