Mati Lampu Bergilir! 5 Alat Ini Wajib Tersedia di Rumah

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 05 Agu 2019 11:40 WIB
Listrik padam massal. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Pagi ini, listrik di sejumlah wilayah Jabodetabek padam lagi. Agar aktivitas di rumah tak terganggu, selain mengisi bak air, peralatan ini juga wajib dimiliki.

Setengah Pulau Jawa alami mati listrik sejak kemarin (04/08) siang. PLN masih melakukan perbaikan sistem imbas padamnya listrik secara massal di Jabodetabek dan sekitarnya.

Dikutip dalam detikFinance, Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani di Kantor Pusat PLN Jakarta mengatakan, "Sampai dengan siang, sore mohon maaf, MLS (Manual Load Shedding) atau bergilir masih terjadi," kata Sripeni.

Dengan adanya hal ini, beberapa daerah masih mengalami pemadaman listrik. Supaya tak mengganggu aktivitas, berikut ini beberapa alat yang wajib kamu miliki di rumah:

1. Lampu Darurat

Lampu darurat dapat membantu penerangan disaat listrik di rumah padam. Dibandingkan dengan lilin, lampu darurat lebih aman digunakan karena tak berisiko terjadinya kebakaran.

Lampu darurat menggunakan tenaga baterai. Lampu darurat bisa di charge terlebih dulu sampai penuh. Biasanya lampu darurat dapat bertahan 4-10 jam. Sesuai dengan daya yang tertera dalam lampu tersebut.

Bentuk lampu darurat juga beragam. Ada yang berbentuk tabung neon hingga bohlam.


2. Kipas Portabel

Banyak masyarakat di Jabodetabek yang sudah terbiasa dengan Air Conditioner atau kipas angin. Ketika listrik padam, tentunya suasana akan terasa panas dan tidur pun tak nyaman.

Kipas portabel bisa menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki. Kipas ini bekerja dengan kekuatan daya isi ulang dan bisa dibawa kemana saja selama dayanya sudah terisi penuh.

Untuk mempersiapkan pemadaman listrik bergilir hari ini, kipas portabel bisa kamu siapkan di rumah.

3. Pengisi Daya

Saat ponsel kehabisan baterai saat listrik padam di rumah. Pengisi daya seperti power bank bisa jadi penyelamat. Pastikan power bank selalu terisi penuh dayanya sehingga ponsel tetap menyala ketika listrik padam.

4. Senter

Senter bisa jadi penyelamat ketika listrik padam tiba-tiba. Senter bisa membantu kamu untuk mengambil ponsel atau lampu darurat saat keadaan gelap gulita. Simpan senter di tempat yang mudah terjangkau sehingga tak perlu repot mencari.

5. Aki mobil dan genset

Aki mobil dan genset bisa membantu listrik tetap menyala saat kasus pemadaman listrik dalam jangka waktu panjang seperti yang terjadi di Jakarta pada 4 Agustus 2019 kemarin.

Bahkan dikutip dalam detikOto, ada mobil yang bisa jadi genset. Mobil yang bisa jadi genset ini rata-rata adalah mobil hybrid plug in electric vehicle (PHEV). Seperti mobil Mitsubishi Outlander PHEV. Namun harganya terbilang sangat mahal.

Selain mobil Mitsubishi Outlander PHEV, mobil listrik Nissan LEAF juga bisa menjadi genset saat aliran listrik di rumah mati. Ada juga mobil Toyota Prius PHEV yang listriknya bisa digunakan untuk menerangi rumah.




Listrik Padam, Jokowi ke PLN: Kenapa Tidak Bekerja dengan Cepat?

(lus/nwy)