Perjalanan KA Bandara Soetta Kembali Normal Usai Listrik Nyala

Mochamad Zhacky - detikNews
Minggu, 04 Agu 2019 23:54 WIB
Ilustrasi KA Bandara (Foto: AntaraFOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta - Perjalanan kereta api (KA) Bandara Seokarno-Hatta (Soetta) telah kembali normal. Perjalanan kereta sebelumnya sempat terganggu karena listrik se-Jabodetabek padam.

"Gangguan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta yang disebabkan pemadaman listrik di area Jabodetabek, kini telah beroperasional normal kembali," kata VP Corporate Secretary PT Railink, Bodhaswara S Jusri dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8/2019).




Jusri memastikan perjalanan KA ke Bandara Soetta kembali normal pada Senin, 5 Agustus. Kereta akan beroperasi kembali dari Stasiun BNI City pukul 04.51 WIB.

"PT Railink siap melayani seperti biasa mulai esok hari, Senin, 5 Agustus 2019 pukul 04.51 WIB untuk relasi Stasiun BNI City-Stasiun Bandara Soetta, dan pada pukul 06.20 WIB untuk relasi Stasiun Bandara Soetta-Stasiun BNI City," jelasnya.

KA merupakan salah satu transportasi yang juga terkena imbas pemadaman listrik. Saat gangguan terjadi, pihak operator langsung mengevakuasi penumpang yang terdampak.




"Penumpang yang terdampak gangguan perjalanan tadi telah berhasil di evakuasi dan dialihkan ke moda transportasi alternatif lainnya. Sementara itu, untuk penumpang KA Bandara yang masih berada di stasiun dapat melakukan pengembalian tiket 100%," papar Jusri.

Listrik di sejumlah wilayah Jabodetabek dan Bandung padam bersamaan siang tadi. Operasional MRT dan KRL terganggu.




Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan, pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai 6 di Pembangkit Listrik Suralaya mengalami gangguan. Sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (off).

Selain itu, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon mengalami gangguan atau trip. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek padam. (zak/dwia)