20 Tokoh RI Berbagai Kalangan Naik Haji atas Undangan Raja Salman

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Minggu, 04 Agu 2019 15:33 WIB
20 tokoh berbagai kalangan dari Indonesia mendapatkan undangan khusus dari Raja Arab Saudi untuk berhaji (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud mengundang secara khusus 20 tokoh dari berbagai profesi untuk menunaikan ibadah haji. Para tokoh itu akan direncanakan bertemu langsung dengan Raja Salman.

"Ini adalah program tahunan di mana Raja Salman mengundang sejumlah umat muslim dari berbagai dunia sebanyak 1.000 orang, di antaranya dari Indonesia 20 orang terbagi berbagai macam kalangan dari tokoh, akademisi, organisasi, dan tokoh-tokoh, jurnalis dan lainnya," ucap Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, HR Esam Abid Althagafi, kepada wartawan di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/8/2019).

20 Tokoh RI Berbagai Kalangan Naik Haji atas Undangan Raja SalmanDuta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, HR Esam Abid Althagafi, di kediamannya (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)

Keduapuluh tokoh itu turut hadir di kediaman Esam untuk dijamu makan siang sekaligus dilepas keberangkatannya berhaji. Esam menyebut 20 tokoh itu dipilih langsung oleh Raja Salman melalui Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

"Yang berikan istimewa mereka dapatkan perhatian khusus dari pada Kerajaan Arab Saudi yaitu dalam hal pemondokan, transportasi, dan segala hal berkaitan dengan haji," ungkap Esam.
Raja Salman juga mengundang tokoh dari negara lain tetapi menurut Esam terbanyak dari Indonesia. Sebab, menurut Esam, masyarakat Indonesia termasuk yang terbanyak berhaji dibandingkan negara-negara lain.

Esam juga mengatakan 20 tokoh itu kemungkinan akan ditemui langsung oleh Raja Salman. Namun Esam belum memastikan di kota mana Raja Salman akan menemui 20 tokoh itu.

"Kemungkinan para undangan akan bertemu dengan Raja Salman yaitu di Mina atau di Mekkah karena sebagai undangan khusus Raja Salman itu sendiri," kata Esam.

Berikut nama-nama tamu istimewa tersebut:

1. Waketum MUI Bidang Fatwa dan Kajian Penelitian, Sholehuddin Al Ayyubi.

2. Ketum Al Irsyad, Al Islamiyah, Faisal Nasir bin Madi.

3. Rektor UIN Pontianak, Syarif Satimin.

4. Sekjen MUI, Anwar Abbas.

5. Dekan Fakultas Hukum, Yusuf Hidayat.

6. Dirlantas Polda Metro Jaya, Yusuf Sobir Kasnawi dan Istri.

7. Dosen UIN Jakarta, Ahmad Fatoni.

8. Penceramah dan Dosen dari Solo, Faiz Jafar Baradja.

9. Pemred detikcom, Alfito Deannova Ginting.

10. Rektor Univ Padang, Ganfiri Syarifuddin dan istri.

11. Penceramah, M Rahmat Triyono.

12. Ketum PP Hidayatullah, Nasirul Haq.

13. Penulis, Harfi Gulan Faizi.

14. Wakil Rektor Brawijaya, Chandra Fajri.

15. Ketua Islamic Center Bekasi, Farid Ahmad.

16. Wakil Kepala Pam Obvit Polri, Erick Ferdinand dan istri.





Tonton video Dari Gayung Hingga Hello Kitty Jadi Penanda Unik Koper Jemaah Haji:
[Gambas:Video 20detik]

(sam/dhn)