Laporan dari Moskow

Antusiasnya Warga Moskow Cicipi Bakso-Sate di Festival Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 18:52 WIB
Warga Moskow antre nasi goreng (Foto: Marlinda Oktavia/detikcom)
Moskow - Antrean mengular dari jejeran stan tampak dari kejauhan. Rupanya, stan-stan tersebut merupakan berisi kuliner di Festival Indonesia di Moskow, Rusia.

Kuliner yang dijajakan tentu saja khas Indonesia, meski ada juga makanan khas Rusia. Makanan asal Indonesia itu antara lain bakso, nasi goreng, sate ayam hingga pisang goreng. Bau bumbu nasi goreng yang tengah dimasak pun terasa semerbak di kawasan itu.

Pantauan detikcom, di Krasnaya Presnya Park, Moskow, Rusia, Sabtu (3/8/2019) antrean yang mengular khususnya terjadi di stan yang menjual nasi goreng dan bakso. Antusiasme warga, baik Rusia maupun Indonesia pun tampak tak surut meski hujan mengguyur Moskow siang ini.



Penjualnya tak hanya warga Indonesia. Warga Rusia pun tak mau kalah menjajakan masakan khas Indonesia seperti mie goreng hingga nasi goreng. Harganya pun cukup bersahabat, yakni sekitar 350 Rubel.

Antusiasnya Warga Moskow Cicipi Bakso-Sate di Festival IndonesiaWarga Moskow antre nasi goreng (Foto: Marlinda Oktavia/detikcom)


Tampak banyak warga Rusia yang penasaran ingin mencoba. Namun, banyak pula yang membeli untuk melepas rindu karena sudah lama tak mencicipi masakan Indonesia. Seperti Igor.

Igor mengatakan dirinya sudah beberapa tahun ini tinggal di Bali. Dia kembali ke Rusia untuk berlibur bersama keluarga. Kehadiran Festival Indonesia ini pun menghapus rindunya akan masakan Indonesia, khususnya nasi goreng.



"Saya tinggal di Bali. Sudah seminggu ini saya pulang ke Rusia. Karena rindu nasi goreng saya pun kemari. Selain itu, saya juga bisa bertemu banyak teman dari Indonesia di sini," kata Igor.

Berbeda dengan Igor, Sacha dan teman-temannya mengaku baru pertama kalinya mencoba masakan Indonesia. Mereka pun memilih nasi goreng, sate ayam dan bakso sebagai menu makanan mereka.

"Saya baru kali ini mencoba masakan Indonesia. Rasanya ternyata enak. Saya suka," kata Sacha.




Tonton Video Keunikan Kain Sulawesi Tenggara akan Tampil di Festival Indonesia Moskow 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)