detikNews
Sabtu 03 Agustus 2019, 18:22 WIB

Yorrys Kritik Airlangga Ketum Rangkap Menteri: Partai Tak Terkonsolidasi

Isal Mawardi - detikNews
Yorrys Kritik Airlangga Ketum Rangkap Menteri: Partai Tak Terkonsolidasi Yorrys (di tengah) (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta - Politikus Golkar Yorrys Raweyai mengkritik Airlangga Hartarto, yang menjabat Ketua Umum Golkar merangkap menteri. Menurutnya, hal tersebut membuat partai tak terkonsolidasi dengan baik.

"Airlangga 2 tahun sebagai pembantu presiden. Sehingga partai tidak terkonsolidasi dengan baik," kata Yorrys di Atjeh Connection, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2019).

Dia meminta Golkar segera melakukan evaluasi. Yorrys menilai evaluasi tak kunjung dilakukan hingga saat ini karena pengurus saat ini tidak percaya diri.



"Kita harus flashback kita harus membuka ruang untuk evaluasi. Itu kata kuncinya. Sekarang ada hambatan psikologis yang mereka lakukan tentang evaluasi ini. Tidak mau pleno, mencari dukungan, banyak hal-hal yang menunjukkan bahwa kita tidak punya confidence. Kalau gua yakin gua bakal menang, bikin aja segera. Tidak perlu membuang energi, cost yang mahal, ada apa? Kan jadi pertanyaan? Ke depan harus segera dievaluasi," ujarnya.

Yorrys kemudian mengkritik perolehan suara Golkar pada Pemilu 2019. Dia menyebut pemilih Golkar yang berasal dari kalangan milenial tak sampai 5% dan disebutnya sebagai suatu keprihatinan.

"Kalau kita lihat pemilih milenial Golkar itu tidak sampai 5 persen, ini kan titik-titik keprihatinan. Sementara Pemilu, milenial di 2024, akan bertambah hampir dua kali lipat," ucapnya.

Oleh sebab itu, Yorrys menilai Golkar harus dipimpin sosok yang bisa dekat dengan milenial. Nah, dia menyebut Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang berniat menjadi Ketum Golkar, lebih milenial dibanding Airlangga.



"Bamsoet. Anda bisa lihat prestasi yang dia buat. Ini kan saya katakan begini, 2 kader terbaik Golkar ada di pemerintahan Jokowi, di periode yang sama. Kita bisa lihat hasil evaluasi. Bagaimana dia mem-branding DPR dengan kondisi sekarang. Terus pengenalan dia dengan ya mungkin background dia sebagai aktivis ya jadi lebih merakyat," ucap Yorrys.

Dia mengaku yakin Bamsoet bisa menang pada munas nanti. "Anda lihat dan saya yakin pasti menang dan kita akan lakukan pada awal September," ujarnya.



Tonton Video Kader Milenial Golkar Deklarasikan Airlangga Jadi Ketum:

[Gambas:Video 20detik]


(isa/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com