Dampak Gempa M 6,9 Banten, Mensos: 3 Meninggal hingga Siang Ini

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 13:59 WIB
Mensos saat meninjau lokasi terdampak gempa Banten. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Pandeglang - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ada tiga orang yang tewas akibat gempa bermagnitudo 6,9 yang terjadi di Banten. Namun penyebab meninggalnya ketiga orang itu tidak berhubungan secara langsung dengan gempa.

"Info yang masuk ada tiga per siang ini. Walaupun ketiga orang yang meninggal ini tak ada hubungan langsung akibat gempa. Yang satu karena jantung, yang dua karena kelelahan lari," kata Agus di Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019).

Dia mengatakan para ahli waris dari ketiga orang yang meninggal itu akan mendapat santunan dari pemerintah. Santunan tersebut bernilai Rp 15 juta.



"Tetap mereka bertiga akan kami beri santunan ahli waris, jadi ini juga di luar santunan ahli, nilainya Rp 15 juta akan kami berikan ke anggota keluarga terdekat," jelasnya.

Dia mengatakan santunan menunggu kelengkapan data dari Pemkab Pandeglang. Begitu data lengkap, santunan langsung disalurkan ke ahli waris.



"Itu data lagi dari Ibu Bupati, jadi ada proses yang diperlukan nanti kami minta Ibu Bupati segera mendata sampaikan ke kami begitu sampai data ke kami bantuan kami keluarkan, santunan ahli waris, kedua untuk bangun rumah kembali," jelasnya.

Gempa M 6,9 ini terjadi pada Jumat (2/8) pukul 19.03 WIB. Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sebelumnya menyebut ada sekitar 200 bangunan yang mengalami kerusakan akibat gempa ini.


Simak Video "Jejak Kerusakan Akibat Gempa M 6,9 di Pandeglang"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/jbr)