Kata Jokowi soal Wayang Kresna yang Diserahkan ke Ki Manteb

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 23:15 WIB
Jokowi memberikan wayang Kresna ke dalang Ki Manteb Soedharsono. (Fida/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyerahkan wayang Kresna kepada dalang Ki Manteb Soedharsono. Jokowi menyerahkan tafsir penyerahan Kresna tersebut kepada Ki Manteb.

"Bertanyanya kepada Ki dalang Manteb Soedharsono. Bukan ke saya. Karena beliau yang cerita. Yang jelas tadi disampaikan (temanya) 'Kresna Jumeneng Prabu'," kata Jokowi setelah menonton wayang di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).


Jokowi menonton wayang hingga pukul 22.35 WIB. Jokowi kemudian melayani wartawan untuk wawancara.

"Nonton sampai selesai ya," canda Jokowi kepada wartawan.

Sebelum memulai pertunjukan wayang, Jokowi sempat menyerahkan tokoh pewayangan Kresna kepada dalang Ki Manteb Soedharsono. Setelah menerima cendera mata dari Jokowi, Ki Manteb memulai pertunjukan wayang.


Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pertunjukan wayang ini merupakan nostalgia masa kecil. Pertunjukan ini terbuka juga bagi umum.

"Saya rasa ini nostalgia, banyak yang datang. Mengenang masa kecil, ada rebusan, ada wedang. Bedanya satu, kalau biasanya di lapangan rumah penduduk, sekarang kita nonton di halaman Istana," kata Pratikno. (fdu/idh)