Peringatan Tsunami Berakhir, BMKG Imbau Warga Kembali ke Rumah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 22:23 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengakhiri peringatan tsunami akibat gempa magnitudo 6,9 di Banten. Seiring dengan berakhirnya peringatan tsunami, BMKG mengimbau warga yang tinggal di daerah yang sebelumnya berpotensi diterjang tsunami kembali ke rumah masing-masing.

"Berhubung peringatan dini tsunami telah dinyatakan berakhir, maka masyarakat diimbau kembali ke tempat masing-masing. Masyarakat diimbau tetap tenang, namun juga waspada apabila terjadi gempa bumi susulan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (2/8/2019).




Masyarakat juga diminta mengecek kondisi bangunan rumah yang terguncang gempa guna memastikan ada-tidaknya kerusakan. BMKG juga mengimbau masyarakat tak terpengaruh informasi yang belum pasti kebenarannya.

"Dan diimbau agar tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Menghindari bangunan yang rusak akibat gempa dam mengecek bangunan rumah Anda apakah masih tetap aman dalam arti terhadap gempa," jelasnya.

BMKG sebelumnya mengakhiri peringatan tsunami pascagempa Banten. Peringatan tersebut diakhiri setelah menunggu 2 jam dari waktu perkiraan terakhir, yaitu pukul 19.35 WIB.


Simak Juga 'Polda Banten Imbau Masyarakat Tenang dan Tetap Waspada':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/dhn)