Laporan dari Moskow

Alunan Gamelan hingga Dangdut Bergema di Moskow

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 21:36 WIB
Alunan Gamelan hingga Dangdut Bergema di Mokow (Marlinda/detikcom)
Moskow - Alunan musik khas Indonesia terdengar di Krasnaya Presnya Park, Moskow, Rusia, sore ini. Dangdut, keroncong, bahkan alunan angklung hingga gamelan terdengar di panggung yang berdiri megah di salah satu taman di Moskow itu.

Musik khas Indonesia itu bergema dalam perhelatan tahunan yang digelar KBRI Moskow, yakni Festival Indonesia, Jumat (2/8/2019). Ini keempat kali Festival Indonesia dihelat. Tak hanya alunan musik, tari-tarian tradisional pun mewarnai panggung Festival Indonesia.

Cuaca yang berawan dengan hawa yang sejuk menambah kesyahduan alunan musik yang digaungkan para pemusik. Untuk menambah cita rasa Indonesia, penampil pun mengenakan pakaian tradisional di Indonesia.



Pemusik yang tampil di atas panggung pun tak melulu orang Indonesia. Warga Rusia juga ikut berpartisipasi dalam festival ini, salah satunya dalam kelompok gamelan.

Tampak warga Indonesia hingga warga Rusia terpukau oleh musik-musik yang ditampilkan seniman-seniman itu. Mereka bahkan tak sungkan berjoget saat musik dangdut mengentak Krasnaya Presnya Park.

Alunan Gamelan hingga Dangdut Bergema di MoscowAlunan Gamelan hingga Dangdut Bergema di Mokow (Marlinda/detikcom)


Dmitry, salah satunya. Pria asal Rusia ini datang bersama ibunya untuk menikmati musik dan budaya Indonesia. Dmitry, yang pernah berkunjung ke Bali, mengungkapkan betapa indah budaya yang dimiliki Indonesia.



"Saya suka menikmati musik tradisional Indonesia. Sangat indah," kata Dmitry.

Berbeda dengan Dmitry, Dika datang ke Red Square karena rindu pada budaya Indonesia. Mahasiswa asal Cipanas, Jawa Barat, yang sudah 9 bulan menuntut ilmu di Moskow itu ingin menikmati musik hingga makanan khas Indonesia di festival ini.

"Saya kangen Indonesia. Makanya datang ke sini. Pengen makan dan dengerin lagu-lagu Indonesia," ujar Dika. (mae/rvk)