Anies Belum Ambil Keputusan soal Ganjil-Genap untuk Motor

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 18:11 WIB
Sistem ganjil-genap diterapkan di sejumlah jalan di Jakarta. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) belum mengambil keputusan terkait ganjil-genap untuk sepeda motor. Menurutnya, peraturan itu masih dalam pembicaraan.

"(Kebijakan ganjil-genap untuk motor) nanti diumumkan sekalian (keputusan soal perluasan rute ganjil-genap), sekarang belum diumumkan belum diputuskan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).


Anies menegaskan aturan ganjil-genap tidak berlaku untuk kendaraan listrik. Menurutnya, kendaraan listrik tidak menyumbang polusi udara di Jakarta.

"Tapi ada satu hal yang pasti buat Anda menggunakan kendaraan yang listrik, maka tidak akan terkena kebijakan ganjil-genap. Mobil listrik atau motor listrik nggak ada efeknya. Mau Anda ganjil atau genap tidak ada masalah," lanjutnya.


Selain itu, Anies mengatakan pemprov mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara. Jadi ia mempersilakan kendaraan listrik beroperasi tanpa harus mengikuti aturan ganjil-genap.

"Karena kita mendorongnya itu dalam rangka meningkatkan kualitas udara Jakarta dan motor listrik itu tidak ikut kontribusi atas pencemaran udara, karena itu silakan beroperasi saja," lanjutnya.


Soal perluasan rute ganjil-genap sendiri baru akan diumumkan pekan depan. Nantinya uji coba perluasan rute ganjil-genap ini akan dimulai pada pekan depan hingga akhir Agustus. Namun aturan itu akan dimulai pada 1 September.

"Rutenya insyaallah awal pekan depan, kita akan umumkan itu, periode uji coba dari mulai pekan depan sampai akhir bulan Agustus," ujar Anies.


Simak Juga 'Tekan Polusi di Jakarta, Jokowi Minta Ini ke Anies':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/jbr)