Berlaku 1 September, Rute Perluasan Ganjil-Genap akan Diumumkan Pekan Depan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 17:28 WIB
Anies Baswedan (Foto: ANTARA FOTO)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memperluas ruas ganjil-genap. Perluasan rute itu akan diumumkan pekan depan.

"Rutenya insyallah awal pekan depan, kita akan umumkan itu, periode uji coba dari mulai pekan depan sampai akhir bulan Agustus," ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Anies mengatakan, saat ini Pemprov DKI tengah menggodok rute yang akan diberlakukan ganjil-genap. Sedangkan periode uji coba akan dilakukan pekan depan hingga akhir Agustus. Namun aturan itu akan dimulai pada 1 September.



"Kita akan umumkan dalam waktu dekat rute-rutenya sedang difinalisasi hari ini. Rute-rute itu nanti kita akan umumkan, akan ada periode ujicoba sama seperti pada saat tahun lalu ada uji coba sesudah itu baru fase enforcement tapi enforcement hampir pasti, kita ke tanggal 1 September," kata Anies.

Penggunaan ganjil genap apakah berlaku untuk sepeda motor, kata Anies sedang dalam proses pembicaraan. Namun ia menegaskan, penerapan ganjil genap tidak berlaku untuk kendaraan listrik.

"Nanti diumumkan sekalian (ganjil genap untuk sepeda motor), sekarang belum diumumkan, belum diputuskan. Tapi ada satu hal yang pasti bahwa bila anda menggunakan kendaraan berbasis listrik maka anda tidak terkena kebijakan ganjil genap, motor listrik atau mobil listrik nggak ada efeknya bagi anda ganjil atau genap," lanjutnya.


Berlaku 1 September, Rute Perluasan Ganjil-Genap akan Diumumkan Pekan Depan
(lir/rvk)